Adab Berkunjung/Mengunjungi Orang Sakit - Tata Cara yang Baik Menjenguk Orang Sakit di Rumah, Rumah Sakit, Dsb - Tips Umum

Berikut ini akan dibahas mengenai tata cara dan adab yang baik dalam menjenguk orang yang sedang sakit baik di rumah maupun di rumah sakit. Pada umumnya orang yang sakit akan memiliki suatu perubahan sikap dari keadaan normalnya. Sikap yang berubah itu bisa bermacam-macam, bisa menjadi lebih sensitif, mudah marah, acuh tak acuh, menjadi lebih sopan, dan lain sebagainya.

Selain itu mungkin di sekitar orang yang sakit terdapat orang lain seperti orang tua, saudara, teman, kekasih, tetangga, tamu dan lain sebagainya baik yang sudah kita kenal maupun yang belum dikenal. Oleh sebab itu kita sebaiknya menjaga sikap dan sopan santun selama berkunjung ke orang yang sedang sakit tersebut agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Adab mengunjungi orang sakit :

1. Bersikap sopan dan ramah
2. Memakai pakaian yang layak, sopan dan tidak mengundang syahwat
3. Memberikan bantuan jika dibutuhkan
4. Tidak mengganggu pasien dan penunggunya di rumah sakit atau klinik
5. Jangan berkunjung jika yang sakit sedang tidur atau istirahat
6. Mendoakan si sakit agar cepat lekas sembuh
7. Niat berkunjung dengan ikhlas dan dengan itikad yang baik pula
8. Tidak membawa makanan yang dilarang bagi si sakit
9. Tidak menakut-nakuti yang sedang sakit akan penyakit yang diderita
10. Tidak melakukan tindak kejahatan
11. Menghibur si sakit

Apabila orang yang kita kunjungi sedang sekarat dan seorang muslim maka ada baiknya kita bantu mengingatkan untuk mengucapkan dua kalimah syahadat "laa ilaaha illalaah".

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Adab Berkunjung/Mengunjungi Orang Sakit - Tata Cara yang Baik Menjenguk Orang Sakit di Rumah, Rumah Sakit, Dsb - Tips Umum"

Posting Komentar