Aktivitas/Sesuatu yang Bisa Dilakukan Ketika Nganggur/Mati Gaya/Waktu Senggang

Ada kalanya kita mati gaya karena tidak ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang kita yang hampa. Direncanakan maupun tidak direncanakan, saat-saat ketika tidak ada hal yang dikerjakan bisa saja datang menghampiri kita. Biasanya orang lebih suka menghabiskan waktu dengan main handphone, main game atau menonton televisi (TV) ketika tidak memiliki aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan alias menganggur.

Mengisi waktu yang sedang berjalan untuk hal-hal yang bermanfaat sangat penting sekali, karena waktu hidup kita di dunia yang sangat singkat dibandingkan manusia-manusia terdahulu. Ketika kita tidak memiliki berbagai peralatan tersebut, kira-kira hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu senggang kita. Mari kita lihat cara mengisi waktu kosong dengan hal-hal yang berguna di bawah ini :

1. Memikirkan Sesuatu yang Penting

Jika tidak ada hal yang bisa kita lakukan, kita bisa mengisi waktu senggang tersebut untuk memikirkan berbagai hal yang penting untuk dipikirkan, seperti masa depan, kegiatan yang akan kita lakukan selanjutnya, membuat rencana hidup, melakukan evaluasi / instrospeksi diri, dan lain-lain.

2. Melamun Memikirkan Sesuatu yang Indah-Indah

Memikirkan sesuatu yang baik-baik bisa membantu kita untuk relaksasi ketika pikiran kita sedang berada dalam suatu tekanan atau terlalu banyak berpikir. Beberapa hal yang bisa kita imajinasikan yaitu seperti melamunkan kejadian-kejadian indah di masa lalu, melamunkan kejadian lucu di masa lalu, melamunkan mendapatkan hadiah bernilai tinggi, melamunkan masuk surga, dan lain sebagainya.

3. Melakukan Gerakan-Gerakan Senam yang Bermanfaat

Tidak ada salahnya kita memakai saat tidak melakukan apa-apa dengan melakukan olahraga fisik agar bisa membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan fit. Lakukan saja gerakan-gerakan senam ringan yang biasa kita lakukan ketika melakukan pemanasan tubuh. Ketika tubuh sudah panas kita bisa lanjutkan dengan berbagai gerakan senam serius lainnya dan diakhiri dengan pendinginan.

4. Berlatih Sesuatu yang Berguna

Daripada tidak melakukan apa-apa selain hanya bengong menanti kantuk datang alangkah baiknya jika kita gunakan waktu yang berharga ini untuk meningkatkan keterampilan diri kita sendiri. Contohnya yakni seperti latihan berbicara di depan umum, latihan menjadi mc, berlatih menjadi guru, berlatih pidato, mengasah hafalan Al-Qur'an, dan lain sebagainya.

5. Berzikir dan Memikirkan Keagungan Tuhan

Pekerjaan, kegiatan atau aktivitas yang paling berguna adalah mengisi waktu yang tidak terpakai untuk hal-hal yang berhubungan dengan agama. Salah satu ibadah dalam agama islam yang mudah dilakukan namun besar pahalanya adalah melakukan zikir sambil memikirkan keagungan Allah SWT. Hal ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan semua orang ketika menghadapi masa-masa keluangan waktu.

6. Istirahat / Tidur

Jika kita memang merasa lelah pada tubuh kita, maka sah-sah saja kita gunakan waktu luang kita untuk tidur agar pada saat kita bangun tidur nanti bisa merasa lebih segar dan bugar. Namun apabila kita sudah tidur semalaman dengan durasi lebih dari delapan jam, maka sebaiknya jangan tidur lagi agar tidak menimbulkan berbagai gangguan kesehatan di masa depan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Aktivitas/Sesuatu yang Bisa Dilakukan Ketika Nganggur/Mati Gaya/Waktu Senggang"

Posting Komentar