Alasan Kenapa Orang Lebih Suka Memilih Menggunakan Sepeda Motor Dibandingkan Mobil

Manusia merupakan makhluk yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain baik jarak dekat maupun jarak jauh. Dari zaman ke zaman alat transportasi yang digunakan manusia untuk berpindah-pindah tempat mengalami perubahan, mulai dari mengunggangi hewan sampai mengolah logam untuk bisa terbang melintasi langit. Saat ini di hampir semua kota besar di dunia mengeluhkan terjadinya macet kendaraan, terutama macet kendaraan roda empat alias mobil, bis, truk, taksi, dan sebagainya.

Penyebab kemacetan di jalan-jalan biasanya diakibatkan oleh terlalu banyak mobil atau akibat dari buruknya sistem pengaturan lalu-lintas. Mobil yang umumnya ukurannya besar dan ditumpangi satu atau dua orang saja menjadi biang kerok kemacetan. Sepeda motor hanyalah pelengkap kemacetan saja. Banyak orang yang saat ini enggan untuk beralih untuk menggunakan kendaraan mobil pribadi karena alasan-alasan tertentu. Hal ini tentu saja harus disyukuri oleh orang-orang yang masih gemar membawa mobil karena jika para pengendara motor beralih jadi pengendara mobil, maka akan semakin menderita.

Sepeda motor merupakan salah satu solusi dalam menghadapi jalan yang macet. Banyak orang yang beralih ke sepeda motor dan meninggalkan mobil. Berikut ini adalah sebab-sebab seseorang lebih menyukai dan memilih sepeda motor sebagai kendaraan utama daripada mobil :

1. Ukurannya Kecil

Ukuran kecil sepeda motor yang memudahkan pengendara motor untuk tetap bisa melaju di antara kemacetan mobil serta kendaraan-kendaaran besar lainnya. Biasanya motor akan sampai lebih dulu ke tempat tujuan apabila jalan untuk mobil mengalami kemacetan yang parah.

2. Hemat Bahan Bakar

Dengan menggunakan sepeda motor untuk bepergian jauh, akan sangat menghemat pengeluaran uang karena 1 liter bensin bisa digunakan untuk perjalanan 30 km atau lebih. Sedangkan untuk mobil 1 liter hanya bisa digunakan untuk 6 km atau lebih perjalanan.

3. Bayar Pajak Kendaraan dan Biaya Perawatan Yang Murah

Dalam hal pengeluaran rutin yang harus dilunasi ketika menjadi seorang biker sudah barang tentu lebih kecil daripada menjadi pemilik mobil. Sekali keluar uang biasanya motor hanya beberapa puluh hingga ratusan ribu, sedangkan mobil bisa mencapat jutaan rupiah.

4. Parkir Mudah

Motor yang fisiknya kecil akan sangat memudahkan pemiliknya untuk parkir dan juga tidak memakan banyak tempat untuk penyimpanannya. Bayangkan kalau anda pergi ke mana-mana dengan jumlah parkiran yang terbatas.

5. Tidak Mudah Mengantuk

Sungguh nyaman jika kita berada di dalam sebuah mobil yang mewah dengan berbagai fasilitas pelengkap. Akan tetap kenyamanan yang seperti itu bisa berubah menjadi malapetaka apabila orang yang menyetir mobil kehilangan kesadaran akibat mengantuk. Dengan sepeda motor, maka resiko tertidur saat mengemudi dapat dihilangkan.

-----
Jika anda ingin menambahkan atau mengoreksi, silahkan anda layangkan saja komentar anda yang membangun. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Kenapa Orang Lebih Suka Memilih Menggunakan Sepeda Motor Dibandingkan Mobil"

Posting Komentar