Alasan Penyebab Kenapa Pensil 2B Menjadi Pensil Resmi Untuk Ujian Scan Komputer

Setiap kali kita ujian atau tes yang menggunakan lembar jawaban scan komputer biasanya kita akan diminta untuk membawa pensil hitam dengan kode 2B. Sebenarnya apa sih pensil 2B itu? Kenapa hanya pensil 2B yang boleh untuk menandai jawaban pertanyaan pada kertas lembar jawaban scanning komputer? Mungkin itu pertanyaan yang ada di benak anda.

Isi pensil yang hitam terbuat dari campuran bahan grafit, tanah liat dan air yang apabila komposisi perbandingan campuran diubah-ubah akan menghasilkan kekerengan/ketebalan dan kekerasan yang berbeda-beda. Dari kehitaman dan kekerasan itulah tercipta kode-kode pada pensil. Pensil 2B hitamnya pas, cukup gelap, mudah dibaca pemindai komputer, tidak terlalu keras maupun terlalu lunak, mudah dihapus penghapus karet untuk pensil dan tidak merusak kertas lembar jawaban komputer.

Jika memakai pulpen, spidol, stabilo, crayon, dan lain sebagainya sulit digunakan karena berbagai alasan penyebab seperti karena mudah merusak kertas lembar jawaban, tidak dapat dihapus secara sempurna, sulit menutupi bulatan jawaban yang kecil, menghasilkan penandaan yang terlalu besar, kurang hitam, dan lain sebagainya. Jadi jika kita diminta membawa pensil 2B maka jangan membawa alat tulis lain karena bisa jadi jawaban kita tidak bisa dibaca sehingga tes atau ujian kita gagal total karena masalah sepele.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Kenapa Pensil 2B Menjadi Pensil Resmi Untuk Ujian Scan Komputer"

Posting Komentar