Alasan Penyebab Terjadi Macet Parah Setelah/Saat Hujan Deras Turun

Sedia payung sebelum hujan dan ada hujan ada macet. Itulah yang terjadi di kota-kota besar dengan lalu lintas yang padat. Kemacetan dapat timbul pada jam-jam sibuk dan bisa bertambah parah ketika ada hal-hal tertentu yang salah satunya yaitu karena hujan besar. Kenapa hujan besar bisa menimbulkan macet? Saya punya beberapa jawaban yang mungkin bisa menambah wawasan kita semua.

Penyebab Kemacetan Pada Saat Atau Setelah Hujan Deras Melanda :

1. Muncul Genangan Air

Hujan yang deras dapat menciptakan jalan-jalan ditutupi air sehingga kendaraan yang melintas harus jalan perlahan atau berjalan menghindari kubangan yang dalam. Seringkali pengemudi terkecoh dan terjerembab ke dalam selokan karena saat hujan deras got-got tersembunyi dengan baik di bawah air yang menggenang. untuk menghormati pejalan kaki, bangunan di pinggir jalan dan sepeda motor, biasanya kendaraan memperlambat jalan agar air tidak menciprat ke samping kiri dan kanan.

2. Ada Banjir Yang Melintasi Jalan

Kalau ada kali atau sungai dekat jalan yang rendah biasanya saat musim hujan bisa meluap dan menutupi seluruh badan jalan secara total. Dengan begitu terciptalah banjir yang sempurna di mana kendaraan sulit lewat karena air terlalu tinggi sehingga mudah membuat mogok kendaraan yang nekat melintas jalan yang kebanjiran.

3. Ada Sesuatu Yang Menghalangi Jalan

Ketika hujan disertai angin yang kencang biasanya akan ada sesuatu yang bertumbangan seperti batang pohon, dahan ranting, antena, atap rumah, sampah-sampah kehancuran, dan lain sebagainya. Saat musim banjir tiba biasanya jalan raya jadi tempat untuk mengungsi sehingga akan membuat macet kendaraan yang lewat di tempat pengungsian darurat tersebut.

4. Ada Kecelakaan Lalu-Lintas

Hujan yang deras bisa memicu kecelakaan karena jalan yang licin, pandangan yang terbatas, rem blong pada kendaraan, dan sebab musabab lain. Bila ada kecelakaan biasanya kendaraan di belakangnya akan berhenti hingga ada pertolongan dari orang yang perduli membantu evakuasi korban beserta kendaraannya. Macet bisa tambah parah jika para pengguna jalan senang menonton korban kecelakaan walaupun sudah dievakuasi di pinggir jalan raya.

5. Pengemudi Memperlambat Kecepatan Kendaraan

Hujan besar memang cukup mengganggu perjalanan sehinggi para pengemudi akan mengurangi laju kecepatan kendaraannya demi keamanan dan kenyamanan bersama. Karena terjadi penurunan kecepatan berjamaah ditambah dengan kuantitas kendaraan yang tetap atau semakin bertambah akan memperparah kemacetan. Banyak orang yang tidak mau mulai berkendara saat hujan sehingga setelah hujan reda, banyak kendaraan yang memulai perjalanannya secara bersamaan sehingga menimbulkan potensi macet yang parah.

6. Ada Kendaraan Menghalangi Jalan

Saat hujan deras turun, maka para pengendara sepeda motor akan segera mencari tempat berteduh dari air hujan yang membasahi mereka. Tidak jarang mereka berhenti dan parkir sembarang memenuhi pinggir jalan seperti di sekitar pohon rindang, halte bis, kolong jembatan, dan lain sebagainya. Para pengguna jalan yang terganggu pun biasanya hanya bisa gigit jari karena tidak ada hal yang bisa mereka perbuat.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Terjadi Macet Parah Setelah/Saat Hujan Deras Turun"

Posting Komentar