Beberapa Efek/Dampak Buruk Negatif Kafein Kopi Pada Anak-Anak dan ABG

Kopi dan berbagai macam produk olahan yang mengandung kopi memang enak rasanya seperti es krim, permen, roti, minuman energi, kue, dan lain sebagainya. Di balik kopi sudah pasti kita mengenal cafein yang terkandung di dalamnya. Kafein tidak hanya ada pada kopi saja, namun juga ada di dalam teh, coklat, minuman mengandung soda, dan lain-lain. Ternyata kafein kopi memiliki dampak yang kurang baik jika dikonsumsi anak kecil yang masih di bawah umur.

Beberapa Keburukan Mengkonsumsi Kafein Bagi Anak Di Bawah Umur :

1. Bisa Menyebabkan Dehidrasi

Kafein bisa memicu dehidrasi pada tubuh manusia karena bersifat zat diuretik yang membuat tubuh kita buang-buang air kecil untuk mengeluarkan kandungan air dari dalam tubuh kita. Seperti kita ketahui bahwa dehidrasi akan memicu diare yang bisa berdampak pada kematian.

2. Merusak Gigi

Minuman manis yang mengandung gula dan minuman yang bersoda dapat mengikis lapisan enamel gigi anak-anak kita sehingga nantinya bisa membuat gigi keropos (rusak berat). Gigi kita hanya bisa tumbuh satu kali saja setelah gigi susu, sehingga sekali rusak maka seumur hidup menanggung derita.

3. Sulit Tidur

Kafein pada kopi dan berbagai makanan dan minuman lain terkenal dapat membuat seseorang terjaga tahan tidak tidur dalam jangka waktu yang lama. Apabila anak-anak mengalaminya maka sudah pasti jam tidurnya berantakan dan sulit untuk konsentrasi belajar.

4. Jantung dan Gangguan Syaraf

Dalam jangka panjang anak-anak yang terbiasa mengonsumsi kafein (caffeine) dalam jumlah besar bisa menyebabkan penyakit jantung dan gangguan pada syaraf yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita dan bahkan bisa berujung pada kematian.

Oleh karena itu jangan biasakan anak kita untuk minum minuman yang aneh-aneh, apalagi buatan pabrik atau industri rumah tangga ilegal yang mengandung banyak bahan kimia. Biasakan minum yang sehat seperti air mineral, susu dan juice/jus daripada minum yang macam-macam.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Beberapa Efek/Dampak Buruk Negatif Kafein Kopi Pada Anak-Anak dan ABG"

Posting Komentar