Berbagai Bahaya Potensial yang Ada Pada Sampah Buangan Manusia

Manusia menghasilkan berbagai bentuk sampah setiap hari baik berbentuk padat, cair maupun gas.  Tidak hanya sampah rumah tangga hasil pengolahan bahan makanan dan sisa kegiatan manusia saja, namun juga tubuh manusia secara alami menghasilkan berbagai macam sampah yang dikeluarkan ke alam bebas.  Dengan demikian manusia dituntut untuk dapat mengatasi berbagai masalah sampah yang dihasilkan oleh dirinya sendiri maupun yang dihasilkan oleh orang-orang di sekitarnya.

Macam-Macam Hal Berbahaya yang Tersembunyi di Balik Sampah Kita :

1. Benda-Benda Tajam

Di dalam sampah terdapat berbagai jenis benda-benda yang dapat mencederai manusia.  Suatu benda yang tajam atau runcing bisa saja melukai tubuh kita ketika melakukan kontak dengan tumpukan sampah.  Oleh sebab itu hendaknya berhati-hati dalam melakukan sesuatu terhadap sampah yang kita tidak tahu benar apa saja yang terkandung di dalam sampahnya.  Benda tajam seperti silet, potongan kaca (beling), jarum, patahan pisau, duri, dan lain sebagainya bisa membuat kulit manusia menjadi luka jika tidak hati-hati.

2. Kuman Penyakit

Virus, bakteri, jamur, dan lain sebagainya sangat gemar hidup dan berkembang biak pada sampah-sampah yang dihasilkan oleh manusia.  Makanan-makanan yang telah membusuk biasanya mengandung banyak sekali bakteri-bakteri maupun kuman lainnya yang bisa saja menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia jika terkontaminasi.

3. Debu dan Asap

Pada saat cuaca kering biasanya akan banyak debu-debu yang ikut terdampar di tumpukan sampah bersama-sama dengan sampah lainnya.  Debu sangat tidak baik sekali jika sampai terhidup ke dalam sistem pernapasan manusia karena dapat menimbulkan masalah kesehatan.  Selain debu, juga ada asap hasil pembakaran sampah yang juga tidak kalah berbahayanya jika sampai masuk ke dalam paru-paru kita.

4. Limbah Cair

Berbagai jenis cairan bersatu pada membentuk limbah cair yang menjijikkan.  Limbah cair yang membusuk ini bisa mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap.  Limbah cair juga dapat menyebabkan penyakit dan gangguan kesehatan jika sampai mengkontaminasi tubuh manusia.  oleh sebab itu hendaknya kita jika ingin membuang sampah, cairannya dibuang terlebih dahulu ke got atau ke tanah agar tidak membusuk di tempat sampah.

5. Ledakan

Beberapa jenis sampah dapat meledak jika berada pada suhu yang cukup panas atau terjadi kontak dengan api yang menyala.  Misalnya saja seperti tabung gas dan bekas botor semprotan anti nyamuk.  Benda-benda seperti itu memang masuk dalam kategori benda-benda yang tidak boleh dibuang di sembarang tempat.  Apalagi ditambah kebiasaan banyak orang yang mengatasi sampah dengan cara membakar sampah sehingga dapat menyebabkan ledakan yang tidak terduga dari sampah-sampah yang dapat meledak jika terbakar.

Dari berbagai bentuk bahaya sampah di atas, hendaknya kita senantiasa berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan pada sampah agar kita semua terhindar dari berbagai hal negatif yang bisa terjadi jika kita melakukan kelalaian.  Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Berbagai Bahaya Potensial yang Ada Pada Sampah Buangan Manusia"

Posting Komentar