Berbagai Macam Kotoran yang Dihasilkan/Dikeluarkan Tubuh Manusia/Kita

Hidup manusia tak lepas dari kegiatan bersih-bersih seperti mandi, mencuci baju/pakaian, cuci piring, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Dengan melakukan kegiatan bersih-bersih diharapkan dapat mengurangi kotoran yang ada di tubuh dan juga yang ada di lingkungan sekitar kita. Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan dan juga kebersihan adalah sebagian dari iman, oleh sebab itu tidak alasan untuk tidak melakukan aktivitas bersih-bersih dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pada tubuh manusia itu sendiri terdapat benyak kotoran yang harus selalu terus-menerus dibersihkan demi kebaikan manusia tersebut. Dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki semuanya bisa menghasilkan kotoran yang apabila dibiarkan kotor terus-menerus bisa membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Berbagai peralatan dan teknik perawatan tubuh yang ada saat ini memudahkan manusia untuk membuat dirinya sendiri bersih dari berbagai kotoran yang dihasilkannya.

Di bawah ini adalah berbagai jenis kotoran yang dihasilkan tubuh atau keluar dari tubuh manusia dalam kehidupannya, yaitu antara lain :
1. Keringat
2. Kotoran Hidung / Upil
3. Kotoran Mata / Belek
4. Kotoran Telinga / Congek
5. Lemak Wajah
6. Komedo
7. Minyak Kulit
8. Ketombe
9. Feses / Pup
10. Air Seni / Air Kencing
11. Darah Haid / Menstruasi (Khusus Perempuan)
12. Nanah
13. Kulit Mati
14. Ingus
15. Reak
16. Daki
17. Jigong
18. Kotoran Kuku
19. Rambut Rontok
20. Bulu Rontok

Catatan :
Mohon maaf jika ada kata-kata kotoran di atas yang kurang mengenakkan anda.

Pada kenyataannya kotoran yang ada di tubuh kita lebih banyak dari yang kita bayangkan karena pada tubuh kita, baik di dalam tubuh maupun di luar tubuh terdapat jutaan atau bahkan milyaran organisme hidup kecil tak nampak mata yang menumpang hidup di tubuh kita. Baik sengaja atau tidak sengaja organisme kecil tak kasat mata tersebut hadir dalam keseharian kita dan akan selalu setia menemani kita. Ada yang bermanfaat bagi kita dan ada juga yang menimbulkan gangguan kesehatan pada diri kita.

Tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan selama kita selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah ortanisme-organisme kecil yang ada pada tubuh kita menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan pada tubuh kita. Ada yang memberikan manfaat bagi kita, ada yang hanya sekedar menumpang hidup, ada yang menimbulkan efek negatif ketika kekebalan tubuh kita lemah, dan ada pula yang berpotensi besar menimbulkan dampak buruk pada kesehatan manusia. Jagalah pola hidup sehat dan bersih agar jasmani dan rohani kita sehat walafiat selalu, amin.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Berbagai Macam Kotoran yang Dihasilkan/Dikeluarkan Tubuh Manusia/Kita"

Posting Komentar