Berikan Domain .id Gratis untuk Seluruh Warga Negara Indonesia!

Saat ini untuk menggunakan nama domain khas indonesia yang berakhiran .id seseorang harus menyewa kepada Pandi (pengelola nama domain internet indonesia) paling murah sebesar Rp. 50.000,0 pertahun belum termasuk pajak dan marjin keuntungan pihak ketiga (jika menggunakan jasa pihak ketiga).  Domain yang tersedia untuk umum pun bentuknya hanya subdomain seperti anda.web.id dan anda.my.id.  Untuk menggunakan domain .id anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 500.000,- pertahun.  Harga sebesar itu tentu saja cukup memberatkan masyarakat umum yang rata-rata berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Dahulu Pandi menginginkan Rakyat Indonesia menggunakan domain indonesia .id.  Akan tetapi pandi kurang berhasil mengambil simpati masyarakat sehingga tidak banyak domain .id yang digunakan di internet.  Kebijakan batas maksimal pendaftaran dan perpanjangan domain .id yang hanya 2 tahun juga menyulitkan orang-orang yang ingin membayar selama 10 tahun sekaligus.  Apabila domain .id yang digunakan kadaluarsa, maka secara otomatis situs web pengguna domain .id akan mati total karena alamatnya tidak dapat diakses.

Di awal munculnya domain .web.id dulu Pandi pernah menggratiskan domain tersebut untuk seluruh warga masyarakat yang berminat.  Peminatnya pun sangat banyak sekali.  Akan tetapi kemudian Pandi mengenakan tarif Rp. 25.000,- pertahun dan tidak lama kemudian menaikkan harga menjadi Rp. 50.000,- pertahun di luar ppn dan keuntungan pihak ketiga.  Lama kelamaan pun peminat domain .web.id turun drastis.  Panjangnya domain .web.id juga menjadi salah satu penyebab masyarakat lebih suka menggunakan domain generik seperti .com .net .org dan lain sebagainya.

Sebaiknya Pandi memberikan domain .id gratis dengan awalan tertentu seperti .me.id, .aku.id, .saya.id, .wn.id, .in.id, .orang.id, atau yang lainnya.  Akan sangat jauh lebih baik lagi jika Pandi memberikan domain gratis berupa domain utama .id langsung.  Satu domain untuk satu orang dan apabila ingin lebih dari satu, maka sisanya diwajibkan untuk membayar.  Domain .id nantinya didapat secara cuma-cuma seumur hidup atau hingga Pandi bubar.  Dengan demikian maka masyarakat akan tertarik untuk menggunakan domain .id untuk berbagai keperluannya di internet.  Tidak seperti saat ini di mana orang indonesia lebih suka menggunakan nama domain umum seperti .com .net .org .info dan bahka ada yang menggunakan domain negara lain seperti .co .us .tk .me .ws .pw .in dan lain sebagainya.

Dengan memberikan satu domain gratis per ktp dengan syarat harus aktif digunakan, maka seseorang akan lebih bertanggung jawab atas domain yang telah didaftarkan atas namanya.  Seseorang pun tidak perlu khawatir kalau-kalau dirinya tiba-tiba meninggal dunia atau kehilangan ingatan permanen karena situswebnya akan tetap hidup selama pandi berdiri.  Tidak seperti domain sistem sewa yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan websitenya apabila domainnya telah habis masa aktifnya dan tidak diperpanjang.  Dengan adanya terobosan domain gratis selama-lamanya maka masyarakat pun tidak akan ragu-ragu menggunakan domain .id miliknya yang lebih baik dibandingkan dengan domain lainnya yang ada di internet.

Daftar Ekstensi Domain .id yang Tersedia untuk Diregistrasi Saat Ini :
- .id
- .web.id
- .my.id
- .co.id
- .net.id
- .or.id
- .go.id
- .mil.id
- .desa.id
- .sch.id
- .ac.id
- .biz.id

Mudah-mudahan usulan ini dapat diwujudkan di masa yang akan datang demi kemajuan internet di indonesia.  Semoga tulisan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Berikan Domain .id Gratis untuk Seluruh Warga Negara Indonesia!"

Posting Komentar