Biasakan Meraba, Melihat & Mencium Makanan Dan Minuman Demi Kesehatan Tubuh Kita

Banyak orang menganggap mencium makanan sebelum dimakan adalah perbuatan yang tidak sopan. Padahal dengan menciumi makanan berarti kita melakukan sikap selalu waspada terhadap apa pun yang akan masuk ke dalam tubuh kita demi kesehatan. Kesehatan tubuh kita lebih penting daripada sekedar norma yang berlaku pada masyarakat yang kurang waspada.

Akan lebih runyam lagi jika makanan yang telah masuk ke dalam mulut ternyata sudah basi atau rasanya aneh. Bisa-bisa kita malah melakukan hal yang memalukan seperti muntah, meludah sembarangan, tangan berlumuran lumatan makanan yang bercampur liur, sakit, keracunan, trauma, dan lain sebagainya di depan umum. Yang lebih parah jika makanan itu kita yang bawa dan kita tawarkan ke orang lain, sehingga orang lain menjadi korban.

Oleh sebab itu biasakan berhati-hati dan waspada pada setiap makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Terutama pada makanan yang terbungkus kemasan tertutup dan sulit dilihat seperti minuman kaleng, snack dalam bungkus plastik tidak tembus pandang, susu bantal, dan lain-lain. Makanan dalam kemasan terkadang kadaluarsa sebelum tanggal kadaluarsa yang tercantum dalam bungkus mekanan atau minuman.

Sebelum makan dan minum periksalah tekstur dan kondisi umum dengan meraba atau melihat (jika memungkinkan). Apabila semua normal-normal saja maka gunakan indera penciuman untuk mendeteksi ketidakberesan aroma. Jika wajar dan oke juga maka makan dan minum namun jangan ditelah dulu. Periksa rasa dan teksturnya dengan mulut. Jika semua wajar-wajar saja maka bisa dilanjutkan dengan menghabiskan makanan dan minuman yang mau kita konsumsi.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Biasakan Meraba, Melihat & Mencium Makanan Dan Minuman Demi Kesehatan Tubuh Kita"

Posting Komentar