Binatang/Hewan yang Digunakan Untuk Membantu Pekerjaan Manusia

Manusia hidup di tengah-tengah milyaran atau bahkan trilyunan binatang yang ada di seluruh dunia.  Dari sebegitu banyaknya hewan-hewan yang ada di seluruh penjuru dunia, manusia memanfaat sebagian di antaranya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Binatang-binatang mulai dari mamalia hingga serangga banyak yang dijadikan alat untum memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sebagian binatang yang biasa digunakan untuk keperluan manusia perlu dijinakkan terlebih dahulu.  Bahkan ada juga hewan-hewan yang perlu diberi pelatihan terlebih dahulu agar bisa membantu tugas-tugas manusia secara maksimal.  Kamampuan manusia yang serba terbatas merupakan faktor pendorong yang menyebabkan binatang-bintang tertentu dijadikan alat untuk membantu berbagai pekerjaan manusia.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan binatang beserta nama-nama binatangnya :

1. Membantu Transportasi Manusia

Contoh : Keledai, Kuda, Unta, Gajah, Sapi, Kerbau, dll

2. Membantu Pertanian dan Perkebunan Manusia

Contoh : Kerbau, Monyet, Cacing, dll

3. Membantu Mencari Sesuatu yang Dicari Manusia

Contoh : Anjing, dll

4. Membantu Industri Hiburan Manusia

Contoh : Monyet, Gajah, Singa, Anjing, Anjing Laut, Lumba-Lumba, Harimau, dll

5. Membantu Menyediakan Makanan / Minuman Manusia

Contoh : Sapi (susu), Ayam (telur), Bebek (telur), Musang (kopi), Lebah (madu), dll

6. Membantu Komunikasi Manusia

Contoh : Burung Merpati, dll

7. Membantu Mendeteksi Zat Berbahaya yang Merusak Kesehatan Manusia

Contoh : Anjing, Kucing, Ikan, Tikus, dll

Dari berbagai contoh pemanfaatan hewan untuk kebutuhan manusia di atas sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmatNya yang telah diberikan kepada kita umat manusia.  Tanpa adanya peran positif dari binatang-binatang yang ada di dunia ini, maka sudah pasti kita akan mengalami kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan kita sehari-hari.  Namun saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, peran para binatang dapat digantikan oleh mesin atau robot.  Walau demikian tetap saja sebagian manusia yang lain tetap menggunakan binatang-binatang secara tradisional untuk membantu pemenuhan hajat hidup dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Binatang/Hewan yang Digunakan Untuk Membantu Pekerjaan Manusia"

Posting Komentar