Cara Berbuat Baik Kepada Orang yang Sudah Mati / Meninggal Dunia

Kematian bukanlah akhir dari segalanya.  Hubungan antara diri kita dengan orang yang sudah mati tidak akan terputus begitu saja.  Setidak-tidaknya kita masih bisa mendoakan orang yang sudah meninggal dunia agar diberikan kebaikan di alamnya oleh Tuhan Allah SWT.  Walaupun alam dimensi orang yang sudah mati dengan yang masih hidup berbeda, namun orang yang sudah mati masih memungkinkan mendapatkan kebaikan dari kehidupan yang ada di dunia.

Beberapa Cara Melakukan Kebaikan Kepada Orang yang Sudah Meninggal Dunia (Mati) :

1. Berdoa Untuk Orang yang Meninggal Dunia

Kita bisa memohonkan ampunan Tuhan bagi orang yang telah Berpulang ke Rahmatullah walaupun doa tersebut belum tentu 100% diterima.  Namun setidak-tidaknya kita sudah berusaha melakukan sesuatu yang baik.  Jika orang yang telah wafat tersebut mengetahui perbuatan kita yang masih hidup di dunia, maka orang yang telah berada di alam kubur akan merasa sangat senang.  Akan jauh lebih baik lagi jika kita membuat anak kandung dari orang yang meninggal menjadi anak yang soleh dan selalu mendoakan orangtuanya yang sudah meninggal dunia.

2. Membantu Keluarga yang Ditinggalkan

Apabila keluarga yang ditinggalkan oleh orang yang meninggal dunia berada dalam kesulitan ekonomi atau berbagai bentuk kesulitan lainnya maka kita bisa membantu mereka agar tidak lagi berada dalam kondisi yang sulit.  Kita tidak harus menyumbang dalan bentuk uang atau modal saja, namun juga bisa dalam bentuk yang lain seperti dukungan moril, tenaga, bimbingan konseling, perantaraan, pencarian donatur, dan lain sebagainya.

3. Merawat Makam / Kuburan

Semua orang yang masih hidup tentu akan senang apabila nanti setelah meninggal dunia makam orang tersebut akan dirawat dan dijaga dengan baik.  Bebas dari rasa khawatir nantinya jika makamnya ditumpuk oleh orang mati yang lain dan batu nisan atau papan namanya diganti dengan nama orang lain.  Begitu pun juga orang yang telah meninggal dunia mungkin akan merasa senang jika ada orang yang mau merawat dan menjaga kuburannya dengan baik.

4. Menyambung Silaturahmi dengan Orang yang Dekat dengan Almarhum / Almarhumah

Salah satu cara untuk menyenangkan orang yang sudah mati adalah dengan membuat senang orang-orang yang dekat dengannya semasa waktu dulu hidup di dunia.  Bisa teman, sahabat, mantan orang yang dicintai, saudara, kerabat, dan lain-lain.  Hal ini akan jauh lebih baik lagi apabila dilakukan oleh anak atau cucu dari orang yang meninggal dunia.

5. Bersedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Memberikan sedekah kepada orang yang berhak menerimanya dan mengatasnamakan orang yang sudah meninggal dunia adalah sesuatu hal yang diperolehkan.  Dengan demikian jika kita memiliki keluasan rezeki tidak ada salahnya kita melakukan sesuatu yang bermanfaat kepada mayit yang kita sayangi, kita kagumi, kita hormati, dan lain sebagainya dengan cara mengirimkan pahala sedekah kepada orang yang telah wafat tersebut.  Mudah-mudahan pahala atas sedekah tersebut sampai kepada si mayit dan memberikan menfaat kepadanya di alam kubur dan atau di alam akhirat.

Demikian hal-hal sederhana yang dapat kami sampaikan mengenai teknik / metode / cara berbuat baik kepada orang yang sudah meninggal dunia / mati.  Mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang atau yang tidak sesuai.  Mudah-mudahan artikel yang singkat ini dapat membawa kebaikan untuk kita semua, amin.  Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Berbuat Baik Kepada Orang yang Sudah Mati / Meninggal Dunia"

Posting Komentar