Cara Cepat Akrab dengan Orang Baru Dikenal / Orang Asing

Bertemu dengan orang asing yang belum kita kenal sebelumnya adalah hal yang biasa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.  Dalam keseharian kita pun biasanya dikelilingi oleh orang-orang yang tidak kita kenal.  Contohnya seperti di pasar, di terminal, di sekolah, di lingkungan tempat bekerja mungkin tidak semuanya kita kenal.  Agar bisa cepat akrab dengan orang yang baru kita kenal, ada beberapa tips atau cara yang bisa kita lakukan.

Tips Cara Agar Bisa Cepat Akrab dengan Orang yang Baru Dikenal (Orang Asing) :

1. Saling Bertegur Sapa

Awal mula suatu perkenalan yang baik adalah dengan bertegur sapa.  Tegur sapa yang baik tentu harus dibarengi dengan senyum yang ikhlas dan keramahan yang hangat.  Ubah raut wajah kita yang biasa-biasa saja menjadi terlihat berbinar-binar seperti orang yang sedang menikmati sebuah hubungan komunikasi yang baik antar manusia walau pun lawan bicara kita kurang begitu antusias dengan tegur sapa yang kita lakukan.

2. Membuka Pembicaraan Basa-Basi

Langkah berikutnya adalah dengan membuka pembicaraan basa-basi agar bisa berkembang menjadi pembicaraan lebih lanjut yang lebih kompleks.  Biasanya pembukaan komunikasi lisan yang baik adalah dengan bertanya dengan pertanyaan yang ringan-ringan.  Misalnya seperti pertanyaan mau ke mana?  tinggal di mana?  baru pindah?  dari mana?  dan lain sebagainya.  Jangan lupa menambahkan sebutan umum orang tersebut, seperti misalnya mau ke mana pak / bu / mas / mbak / dik / kak, dan lain sebagainya.  Setelah itu dilanjutkan dengan pembicaraan lanjutan yang masih tergolong sebagai pertanyaan basa-basi untuk kesediaan orang tersebut untuk melakukan pembicaraan lebih intensif atau tidak.

3. Melakukan Pembicaraan yang Agak Intensif

Setelah terjalin suatu komunikasi dua arah yang kondusif, maka pembicaraan bisa bisa dilanjutkan dengan pembicaraan yang lebih dalam topiknya.  Pertanyaan bisa sesuatu yang berhubungan dengan penggalian informasi orang yang baru kita kenal tersebut.  Jika tidak ditanya hendaknya kita jangan banyak menjelaskan tentang siapa diri kita agar orang asing tersebut tidak merasa bosan atau jenuh.  Untuk tahap awal jangan terlalu lama berbicarannya, yaitu sekitar beberapa menit saja.  Di kesempatan berikutnya bisa ditingkatkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

4. Menawarkan Berbagai Bantuan Tanpa Pamrih

Agar dapat menjadi lebih akrab, maka kita jangan pelit-pelit menawarkan bantuan jika orang tersebut ada masalah atau kesulitan yang bisa kita bantu atasi dengan mudah.  Namun jika terlalu pelik maka kita jangan sampai ikut campur dengan masalah orang tersebut.  Mungkin kita hanya bisa menawarkan sedikit nasihat dan solusi saja.

5. Komunikasi Jarak Jauh (Telekomunikasi)

Jika dalam beberapa kali bertemu suasana komunikasinya sudah terjalin dengan baik, maka tidak ada salahnya kita minta nomor telepon, handphone, bbm, whatsapp, dan sejenisnya milik orang tersebut.  Dengan demikian komunikasi dapat berkembang di dalam dunia teknologi canggih.  Tanpa bertemu muka pun kita dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah.

----

Dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat tentu kita harus barbuat baik kepada setiap orang.  Dengan demikian orang-orang akan berusaha berbuat baik juga dengan diri kita.  Termasuk kepada orang asing yang belum kita kenal pun upayakan agar kita selalu berbuat kebaikan kepadanya.  Siapa tahu orang yang belum dikenal tersebut ternyata bisa menjadi teman akrab kita atau bahkan jodoh kita.  Jalinlah hubungan yang baik dengan sesama manusia tanpa pilih-pilih demi kebaikan diri kita sendiri dan keluarga kita juga.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Cepat Akrab dengan Orang Baru Dikenal / Orang Asing"

Posting Komentar