Terbaru :
Home » , , , » Cara Makan dan Memesan Makanan Di Warteg (Warung Tegal) dan warung Nasi Lainnya

Cara Makan dan Memesan Makanan Di Warteg (Warung Tegal) dan warung Nasi Lainnya

Oleh godam64 pada 11 April 2006 | 00:18

Jika kantong sedang kempes alias persediaan uang sudah menipis maka salah satu pilihan yang paling tepat untuk mengisi perut adalah dengan makan di warteg baik makan di warteg tersebut maupun dibungkus untuk dimakan di tempat lain. Pada umumnya harga makanan di warteg adalah murah meriah, namun terkadang harganya bisa tergantung dari banyak hal yang terkait dengan biatya operasional sebuah warteg, seperti lokasi yang strategis dan tingkat harga di daerah tersebut.

Sebelum membeli makanan di warteg sebaiknya anda melihat kondisi sekitar warteg. Apakah warteg tersebut bersih dan kondisi makanannya baik. Tinggalkan warteg apabila kondisi higienitasnya sangat buruk sekali. Namun yang perlu diperhatikan adalah memang kondisi warteg bila dibandingkan dengan restoran fastfood di mall sangat jauh sekali, sehingga titik berat higienitasnya adalah pada makanannya. Apakah makanannya masih segar dan tidak banyak lalat yang berkeliaran di sekitar makanan yang dijajakan.

Sesampainya di dalam warteg tunggu sampai penjaga warteg baik mbak-mbak atau mas-mas menyapa anda, atau jika tidak disapa anda dapat menegur penjaga warteg dengan "Makan Mbak/Mas" atau "Bungkus Mbak/Mas". Maka penjaga warteg akan dengan senang hati melayani anda. Ada dua kemungkinan, yaitu anda akan diambilkan makanan sesuai yang anda pesan atau anda mengambil sendiri sesuka hati anda. Apabila kemungkinan pertama yang ada, maka selanjutnya anda tinggal menentukan makanan apa yang akan anda beli baik untuk makan di tempat maupun dibawa pulang. Bila anda bawa pulang maka biasanya akan dibungkus di bungkus kertas coklat berlapis plastik yang umum digunakan untuk membungkus makanan basah. Selain itu jika memesan minuman biasanya akan di masukkan ke dalam plastik. Hati-hati jika airnya masih panas.

Terkadang makanan yang tersedia tidak banyak karena mungkin sudah habis ataupun memang sengaja memasak sedikit takut tidak habis. Dengan begitu maka pilihan variasi makanan yang mungkin anda akan makan semakin terbatas. Pilihlah kombinasi makanan yang menurut anda sesuai dengan selera. Apabila anda termasuk orang yang makan dengan porsi kecil, maka sebaiknya anda sejak awal hanya memesan nasi setengah saja.

Setelah hidangan tersedia maka anda dapat menyantap hidangan yang ada. Biasanya minuman akan datang setelah makanan dihidangkan. Umumnya gelas yang dipakai agak lusuh dan berisi air putih atau air teh tawar hangat. Jika anda ingin minuman yang lain hendaknya anda memesannya sejak awal sesuai dengan menu yang tersedia.

Pada saat makan anda diperbolehkan mengambil lauk pauk yang dapat dijangkau tanpa harus bilang kepada penjawa warung. Semua itu akan anda bayar kemudian. Pastikan anda mengingat apa-apa saja yang anda pesan atau ambil tadi. Setelah anda makan anda harus bilang kepada penjaga warung anda sudah selesai. Kemudian anda menyebutkan apa saja yang anda makan atau minum dan selanjutnya anda melakukan pembayaran seperti pada umumnya. Dan setelah selesai anda dapat istirahat sejenak dulu atau dapat meninggalkan warung tegal (warteg) atau warung nasi tersebut untuk melanjutkan aktivitas anda.
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger