Cara Membuat Alamat URL Blog Situs Web Unik & Singkat

Biasanya alamat suatu blog atau situs web gratisan adalah subdomain yang panjang dan tidak menarik seperti namablog.blogspot.com, namawebsite.wordpress.com, namaweb.weebly.com, dan lain sebagainya.  Alamat url (uniform resource locator) yang demikian tersebut terasa begitu panjang sehingga sulit untuk diingat.  Sebenarnya hal tersebut dapat dihindari dengan trik-trik tertentu baik yang butuh modal sampai yang gratisan.

Jika anda punya banyak uang maka anda bisa membeli sebuah domain untuk dipasangkan dengan situs web atau pun blog yang sudah ada.  Sebagian penyedia blog gratisan membolehkan anda memasang nama domain yang anda sewa di perusahaan hosting lokal Indonesia secara cuma-cuma, ada yang harus membayar sejumlah uang jasa pelayanan dan ada juga yang tidak bisa sama sekali.  Jika tidak bisa pasang domain sama sekali maka yang bisa anda lakukan hanyalah memasang redirect dari nama domain anda ke url website anda.

Contoh Alamat Baru Hasil Pemasangan Domain Berbayar :

1. namasaya.blogspot.com menjadi namasaya.com
2. namasaya.wordpress.com menjadi namasaya.name
3. namasaya.weebly.com menjadi namasaya.guru
4. namasaya.forumer.com menjadi namasaya.me
5. namasaya.blog.com menjadi namasaya.id (domain apa saja .id akan segera aktif)

Pilihlah nama domain yang unik agar alamat url website atau blog anda bisa menjadi unik serta menarik sehingga mudah diingat para pengunjung.  Contohnya seperti saya.guru, ahli.marketing, trik.tips, gura.me, kunjung.in, roy.co, sak.id, dan lain sebagainya.  Sesuatu yang bisa dibaca dari depan ke belakang dan yang sangat singkat biasanya lebih unik dari alamat url yang biasa-biasa saja.

Jika anda tidak punya uang untuk menyewa domain tahunan atau malas berurusan dengan tagihan setiap tahun maka anda bisa menggunakan subdomain gratisan maupun domain gratisan tingkat negara.  Anda bisa mendapatkan domain country code top level domain gratis seperti .ga, .tk, .ml dan .cf.  Jadi anda bisa mendapatkan domain keren seperti namaweb.ga, blogsaya.ml, hobisaya.cf, dan sekolahsaya.tk tanpa dipungut bayaran.  Hanya saja anda harus selalu memperpanjang peminjaman domain gratisan anda dua minggu sebelum masa berlaku berakhir setiap tahun.

Beberapa Contoh Hasil Karya Organisasi.Org :

1. z.uh.ro
2. j.uk.is
3. y.ro.lt
4. kota.bengkayang.go.id

Cobalah anda akses beberapa alamat website di atas.  Maka anda akan terkejut bahwa alamat web tersebut mengarah ke situs-situs web organisasi.org.  Alamat web unik dan menarik seperti di atas bisa anda dapatkan secara cuma-cuma.  Namun biasanya sesuatu yang gratisan yang tidak didukung oleh perusahaan internet besar tidak bertahan lama.  Semua itu bisa anda dapatkan dari website layanan dns gratis di www.afraid.org.  Terdapat banyak alamat subdomain unik yang bisa anda dapatkan di sana untuk dijadikan alamat url atau alamat link dari blog maupun situs web anda.

Sebaiknya pilih subdomain milik afraid.org yaitu seperti mooo.com, crabdance.com, ignorelist.com, dan beberapa domain lainnya agar bisa bertahan lama.  Namun sisi buruknya adalah domain tersebut biasanya sudah diblacklist di google karena dianggap website spam.  Jadi hanya cocok untuk dijadikan url redirect saja.  Jika anda berani menerima resikonya maka anda bisa memilih uh.ro, uk.is, ro.lt, us.to, uk.to, info.tm, biz.tm, uni.cz, h4ck.me, k.vu, dan lain sebagainya.  Domain lokal indonesia seperti .go.id, .co.id, .net.id, .web.id, .my.id, sch.id, ac.id, dan lain sebagainya juga tersedia anda untuk anda gunakan subdomainnnya secara gratis selamanya asalkan diijinkan oleh pemiliknya.  Selamat mencoba dan semoga sukses selalu.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Alamat URL Blog Situs Web Unik & Singkat"

Posting Komentar