Cara Membuat Garis Shaf Sholat Menghadap Kiblat Cepat & Mudah

Jika anda ditugasi untuk membuat garis shaf untuk sholat berjamaah maka anda tidak perlu pusing-pusing lagi.  Dengan memanfaatkan teknologi canggih dan modern yang ada maka pekerjaan menentukan barisan shat menjadi lebih mudah untuk dilakukan.  Tidak perlu lagi memanggil orang yang ahli di bidang pembuatan garis saf solat lagi.  Cukup dengan melakukannya sendiri dengan dibantu beberapa orang, maka membuat garis barisan shof sholat dapat dikerjakan dengan cepat.

Cara Membuat Garis Shaf Sholat yang Mudah, Cepat dan Murah :

1.  Menyiapkan Alat Penunjuk Arah Kiblat

Gunakan handphone smartphone yang sudah terinstall aplikasi penentu arah kiblat.  Tentu saja ponsel pintar yang digunakan memiliki fitur gps (global positioning system) sehingga arah kiblat bisa berubah-ubah ketika posisi hp pintarnya bergeser.  Selain handphone smartphone bergps kita juga membutuhkan tali dan alat pemotong talinya untuk mempermudah pembuatan saf untuk shalat.  Jika langsung menggunakan karpet atau sajadah sholat maka tali dan gunting tidak diperlukan.

2. Membuat Shaf Sholat Sesuai Arah Kiblat

Tarik tali secara horisontal dengan arah kiblat.  Kemudian gunakan hape yang menunjukkan arah kiblat Ka'bah di Masjidil Haram Kota Mekah untuk memastikan arah talinya.  Pastikan posisi tali dan arah kiblat membentuk tanda silang sempurna 90 derajat ke kiri dan 90 derajat ke kanan, di mana jarum penunjuk arah kiblat berada di tengah-tengah garis talinya.

3. Tandai Shaf Sesuai Situasi dan Kondisi yang Ada

Apabila anda membuat shaf untuk sholat Idul Fitri atau sholat Idul Adha di lapangan maka anda bisa mengikat talinya dengan patok.  Jika tidak dipatok maka garis shaf bisa dibuat dengan memberi tanda cat, arang hitam, batu atau kapur.  Jika barisan shaf untuk sholat dibuat di jalan raya aspal atau hotmix beton maka sebaiknya tidak menggunakan tali sebagai penanda.

4. Membuat Jarak Antara Shaf yang Satu dengan Yang Lainnya

Untuk mempermudah membuat shaf yang lainnya gunakan dua buah batang kayu, pipa peralon, bambu, atau tali.  Panjangnya adalah sepanjang sajadah yang biasa digunakan.  Namun untuk kegiatan sholat ied sebaiknya ditambah sedikit lagi panjangnya agar para jamaah tidak kesulitan untuk meletakkan barang bawaan dan sepatu, sendal atau alas kaki lainnya.  Kedua batang kayu, pipa atau tali harus sama panjangnya.

5. Membuat Shaf yang Lain

Langkah yang paling akhir adalah membuat shaf yang lain.  Tarik tali yang sejajar dengan shaf pertama yang telah dibuat.  Lalu beri jarak sesuai dengan batang kayu atau tali yang telah dibuat tadi.  Dengan begitu shaf yang kedua, ketiga, keempat, kelima dan seterusnya bisa dibuat dengan mudah.  Bagian ujung shaf yang satu diukur dengan alat bantu pengukur jarak yang satu, sedangkan ujung yang lain diukur dengan yang satunya lagi agar tidak perlu bolak-balik mengukurnya.  Jangan lupa untuk mengecek kesesuaian arah shaf yang lain dengan tablet atau hp smartphone beraplikasi arah kiblat agar arahnya sesuai dengan arah kiblat secara tepat.  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Garis Shaf Sholat Menghadap Kiblat Cepat & Mudah"

Poskan Komentar