Cara Membuat Sekolah Libur Sabtu Minggu (Dua Hari Seminggu)

Libur sekolah bisa satu hari dan bisa juga dua hari tergantung kebijakan dari masing-masing sekolah.  Yang terpenting adalah jangan sampai jam belajar dalam satu minggu kurang dari apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  Jadi libur dua hari adalah sesuatu hal yang diperbolehkan oleh pemerintah.  Libur sekolah tiga hari dalam seminggu pun boleh dilakukan dengan konsekuensi jam belajar siswa dari senin hingga hari kamis akan sangat padat dari pagi hingga sore hari.

Bagi yang merasa kurang beruntung karena bersekolah di sekolah yang hanya membolehkan libur di hari minggu saja maka jangan kecewa.  Masih ada jalan untuk menuju libur dua hari dalam satu minggu.  Untuk mendapatkan apa yang diinginkan terkadang membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit.  Namun cara ini belum tentu dijamin sukses pada siswa yang ingin libur sabtu minggu dari berbagai kegiatan sekolah yang menjemukan bagi sebagian siswa-siswi sekolah.

Beberapa Tips Cara Menjadikan Hari Sabtu dan Minggu Sebagai Hari Libur Sekolah :

1. Memperpadat Jam Pelajaran di Hari Senin s/d Jum'at

Jika ingin bersekolah lima hari sepekan maka kita harus berani mengusulkannya kepada Kepala Sekolah.  Buatlah semacam serikat siswa dan menunjuk perwakilan siswa yang akan menghadap Kepala Sekolah untuk mengusulkan keinginan para siswa untuk memiliki hari libur dua hari dalam satu minggu.  Usulkan untuk melakukan pemadatan jam belajar di hari senin hingga jumat sehingga tidak perlu ada tambahan jam pelajaran di hari sabtu.

Jika terdapat dua shift sekolah yaitu pagi dan siang, maka usulkanlah untuk memajukan jam mulai belajar untuk shift pagi dan memperpanjang jam pulang untuk pelajar di shift siang.  Dengan begitu maka di hari sabtu bisa dikosongkan pelajarannya sehingga para siswa, guru dan staf sekolah pun bisa mendapatkan hari libur.  Paparkan berbagai hal negatif seputar sekolah enam hari seminggu seperti boros ongkos transportasi, tekanan batin, banyak waktu terbuang di jalan raya, biaya tambahan seragam sabtu, kurang waktu untuk mengembangkan diri, tidak ada waktu untuk kursus keterampilan, kurang plesir, dan lain sebagainya.

2.  Pindah ke Sekolah Baru

Jika aspirasi sebagian besar siswa sekolah untuk menjadikan hari sabtu sebagai hari libur sekolah maka para siswa berhak untuk pindah ke sekolah lain yang menerapkan libur dua hari dalam seminggu.  Entah itu sekolah negeri maupun sekolah swasta yang penting berkualitas dan tidak berdampak negatif pada para siswanya.  Bagi yang menganggap libur di hari sabtu dan minggu adalah prioritas utama, maka pindah sekolah merupakan pilihan yang terbaik.  Namun bagi yang tidak memiliki masalah dengan libur satu hari dalam satu minggu, maka sebaiknya tetap bersekolah seperti biasa.

Belajarlah dengan baik ketika telah mendapatkan apa yang diinginkan.  Jangan hanya belajar teori, karena dunia kerja tidak membutuhkan terlalu banyak teori.  Jika perlu bekerjalah seperti orang dewasa jika telah mencapai usia remaja / usia puber sambil bersekolah dan berkuliah di waktu senggang.  Mudah-mudahan dengan didapatkannya libur dua hari perpekan dapat memberikan berbagai hal positif kepada para siswa-siswi pelajar sekolah.  Jangan sampai libur dua hari digunakan untuk hal-hal yang dapat merusak masa depan para murid sekolah.

Selamat mencoba dan semoga berhasil berlibur di hari sabtu dan minggu dari segala aktivitas belajar di sekolah.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Sekolah Libur Sabtu Minggu (Dua Hari Seminggu)"

Posting Komentar