Cara Memperkecil/Menghemat Biaya Resepsi/Pesta Pernikahan/Perkawinan

Menikah dan membentuk rumah tangga baru yang penuh kebahagiaan adalah dambaan setiap orang-orang normal. Menikah itu bukan main-main karena harus serius untuk seumur hidup. Namun bukan berarti harus membuat pesta resepsi pernikahan yang berbiaya tinggi. Pikirkan juga ke depan setelah resepsi pernikahan, jangan sampai kehabisan uang atau bahkan meninggalkan banyak hutang.

Menggelar acara resepsi pernikahan / perkawinan itu tidak harus mewah dan mahal. Bisa juga dilakukan berbagai langkah-langkah penghematan sehingga kedua mempelai pasangan suami isteri baru tersebut bisa mencukupi kebutuhan pokoknya seperti tempat tinggal, perabotan rumah tangga, kendaraan, dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa tips cara bagaimana mengurangi biaya pengeluaran pesta resepsi pernikahan, yaitu :

1. Undangan Terbatas

Semakin sedikit orang yang kita undang pada pesta resepsi atau walimatul urrusy pernikahan kita maka akan semakin kecil pula biaya yang diperlukan. Jika memang dananya terbatas sekali, maka sebaiknya jangan memaksakan diri menggelar pesta besar dengan jumlah undangan yang besar. Utamakan keluarga besar dan tetangga dekat kita dulu, baru teman-teman kita dan orang kantor di tempat kita bekerja.

2. Menggunakan Event Organizizer / Wedding Organizer

Bebagai kemudahan bisa kita dapatkan jika kita menggunakan wedding organizer (wo) atau event organizer (eo) dibandingkan dengan melakukan segala sesuatunya sendiri bersama keluarga. Menggunakan wo juga akan bisa menghemat banyak pengeluaran. Pilih wo yang memberikan harga yang terjangkau namun profesional. Pastikan kita survey sepak terjang wo kita dengan mendatangi langsung beberapa resepsi pernikahan yang dikerjakan oleh wo tersebut.

3. Memilih Tempat Yang Biaya Sewanya Murah

Jika ingin berhemat, maka rumah kita sendiri, tanah lapang dekat rumah, masjid, sekolah, rumah makan atau ruang serba guna di sekitar tempat tinggal kita bisa menjadi pilihan alternative jika sulit untuk dilaksanakan di gedung yang mewah.

4. Pilih Pelengkap yang Murah Berkualitas

Berbagai perlengkapan pelengkap pernikahan juga perlu kita pikirkan agar tidak menyerap banyak uang kita. Misalnya seperti souvenir pernikahan, cetakan undangan, mas kawin alias mahar, seserahan jika ada, dan lain sebagainya. Pilih yang harganya murah tetapi kualitas dan penampilannya tidak kalah dengan yang harganya mahal.

5. Mengatur Menu Makanan

Menu-menu makanan yang menggunakan bahan-bahan berharga mahal bisa kita ganti dengan menu-menu yang harga bahannya lebih murah tanpa mengurangi jumlah porsi tamu yang telah ditentukan. Bisa juga dengan mengurangi gubuk-gubukan makanan minuman di luar menu utama. Yang terpenting adalah jangan sampai kurang sehingga tamu yang datang tidak mendapatkan suguhan makanan dan minuman apa-apa.

6. Menggunakan Musik Rekaman

Umumnya dala suatu pernikahan ada live music seperti organ tunggal, musik gambus, musik band gaplok marawis, musik full band, dan lain sebagainya. Jika memang anggaran biayanya terbatas, maka tidak ada salahnya kita menggunakan musik-musik yang tinggal dipasang saja ke pengeras suara, jika memang diperbolehkan.

7. Buat Dokumentasi Sendiri

Jika ada teman atau saudara kita yang pandai dalam hal dokumentasi baik foto maupun video bolehlah kita meminta bantuannya dengan ongkos cetak dan ongkos transport ditanggung oleh kita. Dibandingkan dengan menggunakan jasa dokumentasi, tentu akan jauh bisa berhemat.

8. Maksimalkan Pinjam Meminjam Barang

Buat apa beli jika bisa pinjam atau minta gratis. Misalnya saja seperti baju pengantin, peralatan pesta, sistem suara, sepatu, mobil, dan lain-lain. Dengan meminjam, maka akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli baru atau menyewa.

9. Maksimalkan Minta Tolong Menolong

Budayakan sejak dini kita gemar membantu orang lain yang butuh pertolongan, sehingga kerita kita sedang butuh bantuan orang-orang akan dengan senang hati membantu kita. Orang-orang bisa membantu kita baik secara materi, tenaga, maupun pikiran. Semakin banyak yang menolong, maka akan semakin bagus karena kita bisa berhemat uang atau tenaga untuk resepsi pernikahan kita.

10. Persiapan Mulai Jauh-Jauh Hari

Agar tidak kena kenaikan harga, inflasi, kehabisan stok, sudah dibooking, dan lain sebagainya, maka persiapkanlah berbagai hal-hal yang berbau pernikahan jauh-jauh hari sebelum hari H. Mungkin bisa jadi jika kita mempersiapkan segala sesuatu pendukung pernikahan kita bisa mendapat diskon potongan harga.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Memperkecil/Menghemat Biaya Resepsi/Pesta Pernikahan/Perkawinan"

Posting Komentar