Cara Mengatasi Masalah Pecah Ban Penyebab Kecelakaan Mobil

Pecah ban adalah suatu masalah serius yang bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan pada siapa saja.  Tidak mengenal ban baru dan ban lama, pecah ban bisa terjadi tanpa diduga-duga.  Pecah ban adalah kejadian yang sangat ditakuti oleh pengguna kendaraan bermotor karena dapat menyebabkan kecelakaan fatal yang bisa merengut korban jiwa, cacat, luka berat, luka ringan, syok, dan lain sebagainya pada seluruh penumpang kendaraan.  Bukanlah sesuatu hal yang mustahil membuat suatu sistem mobil yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan fatal akibat pecahnya ban di jalan raya.

Beberapa Cara Mengatasi / Menghindari Kecelakaan Pada Mobil yang Pecah Ban / Roda di Jalan Raya :

1. Ban Ganda

Dengan menggunakan delapan ban sekaligus pada mobil, maka kejadian pecah ban tidak akan banyak mempengaruhi kondisi mobil saat melaju.  Dalam kondisi ban pecah, indikator ban akan menyala sehingga pengemudi dapat melakukan pergantian ban yang tidak layak pakai dengan ban cadangan.  Atau bisa juga pengemudi akan mengurangi kecepatannya untuk menuju ke bengkel terdekat dan mendapatkan perbaikan ban yang rusak.

2. Ban Mati Berongga

Pada kendaraan militer seperti mobil panser memiliki lapisan ban mati yang memiliki banyak rongga udara di dalamnya.  Ketika ban luar pecah maka masih terdapat ban mati yang bisa digunakan untuk perjalanan kurang lebih sejauh 80 kilometer.

3. Velg Besar dan Kuat

Besi pelek roda mobil memang tidak layak untuk dijadikan alas mobil.  Namun velg yang besar dan kuat mungkin bisa menjadi penolong sementara untuk mobil yang mengalami pecah ban secara tiba-tiba sehingga mobil tidak serta merta menjadi miring atau oleng akibat hilangnya keseimbangan.  Velg didesain besar dan tebal sehingga tidak jauh berbeda dengan ukuran karet ban.

4. Ban Pengganti Otomatis

Jika ban ganda sulit diterapkan pada mobil, maka cara alternatif yang bisa digunakan adalah penggunaan ban ganda yang hanya muncul secara otomatis ketika ban roda utama mengalami kempes atau pecah ban.  Dengan demikian peristiwa pecahnya ban mobil tidak akan serta merta mengganggu keseimbangan laju mobil karena ban cadangan langsung timbul untuk menggantikan fungsi penting dari ban utama.

Itulah beberapa inovasi yang mungkin bisa diterapkan pada mobil yang ada pada saat sekarang ini untuk mencegah hancurnya mobil, hilangnya nyawa, cacatnya tubuh, sakitnya badan, dan kerugian lainnya akibat dari kecelakaan mobil yang terjadi akibat roda ban yang pecah secara tiba-tiba saat dikendarai.  Mudah-mudahan dapat membawa kebaikan pada kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengatasi Masalah Pecah Ban Penyebab Kecelakaan Mobil"

Poskan Komentar