Cara Mengatasi/Menghabiskan Sisa Makanan yang Banyak Tersisa di Rumah

Ada kalanya kita memiliki banyak sekali makanan di meja makan atau lemari makan kita, sehingga makanan tersebut tidak dapat dimakan semua dan terancam dibuang jika basi nantinya. Padahal makanan adalah salah satu sumber daya alam yang terbatas jumlahnya dan perlu kita hemat. Jika manusia tidak pandai berhemat atas bahan makanan yang dimilikinya, maka bencana kelaparan dapat terjadi. Maka dari itu diperlukan upaya untuk mengatasi sisa makanan yang banyak tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan apabila menemukan kondisi kita memiliki kelebihan makanan dalam jumlah besar yang tidak mungkin dihabiskan semua dan dalam jangka waktu tertentu bisa mengalami basi sehingga dapat berakhir di tempat sampah, yaitu sebagai berikut ini :

1. Memanggil Orang Lain Untuk Makan Bersama

Tak ada salahnya kita pererat tali silaturahmi dengan makan bersama dadakan. Kita bisa mengundang famili atau kerabat yang tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari rumah kita, mengundang teman-teman di lingkungan sekitar, mengundang anak yatim di sekitar kita, mengundang fakir miskin di sekitar kita, dan lain sebagainya. Mungkin bisa menyebabkan pengeluaran tambahan untuk melengkapi sajian yang diperuntukkan kepada para tamu undangan makan bersama.

2. Membungkusnya Dengan Baik dan Berikan Kepada Orang yang Kekurangan Makanan

Jika kondisi makanannya masih dalam kondisi baik dan kita punya bungkus makanan di rumah, kita bisa membungkusnya dengan kertas coklat seperti nasi bungkus di warung padang, menatanya di dalam besek atau memasukkannya ke dalam kotak khusus makanan. Makanan yang telah dibungkus rapi dan dalam keadaan layak konsumsi tersebut akan kita bagi-bagikan secara gratis kepada orang-orang yang mau menerimanya, seperti pengemis, tukang beling, tukang barang bekas, tukang minyak/gas, kuli, dan lain sebagainya. Yang paling penting adalah kita ikhlas dalam setiap memberi sesuatu kepada para penerimanya, agar kita nantinya diberikan balasan yang setimpal oleh Tuhan yang Maha Esa. Amin...

Selama mencoba dan semoga memberikan manfaat bagi anda! Apabila ingin menambahkan sesuatu anda bisa gunakan fitur komentar yang ada di bawah tulisan ini. Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengatasi/Menghabiskan Sisa Makanan yang Banyak Tersisa di Rumah"

Posting Komentar