Cara Mengetahui Situs Web/Server Kita Mati Atau Hidup (Offline/Online)

Bagi yang punya website internet atau punya account hosting seperti shared hosting, vps hosting (virtual private server), reseller hosting, dedicated server, colocation server, dan lain-lain yang tiba-tiba tidak bisa mengakses situswebnya anda tidak perlu panik lebih dulu karena mungkin saja hanya masalah di komputer anda, ip address anda terkena blokir, masalah koneksi jaringan internet, dan lain sebagainya.

Sebelum panik pertama-tama coba cek kembali settingan di komputer anda apakah internetnya nyambung atau tidak dengan tes ping lewat command prompt. Cara test ping yaitu ke menu start - run - ketik cmd lalu tekan tombol enter - masukkan kata ping alamat website (misal ping organisasi.org). Kalau belum nyambung juga coba cek mungkin hanya dari pc atau laptop kita saja yang tidak bisa nyambung ke website akibat ip address kena blokir atau masalah lainnya. Coba cek status uptime offine online dengan website downforeveryoneorjustme.com, uptimeauditor.com, dan lain-lain secara gratis.

Jika ternyata mati, coba tunggu beberapa saat mungkin sedang ada perbaikan / maintenance dari server admin atau ada masalah kecil yang butuh waktu untuk restart kembali. Jika setelah ditunggu tidak ada kejelasan tentang hidup mati webserver kita, maka kita boleh kontak penyedia layanan jasa hosting atau server kita untuk meminta perbaikan agar bisa kembali jalan seperti semula.

Jika ada tambahan atau masukan silahkan tambah lewat kolom komentar di bawah ini, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengetahui Situs Web/Server Kita Mati Atau Hidup (Offline/Online)"

Posting Komentar