Cara Menghilangkan Rasa Khawatir/Takut Akan Masa Depan

Baik cepat maupun lambat masa depan pasti akan datang menghampiri kita.  Kecuali jika memang umur kita tidak panjang sehingga tidak dapat bertemu dengan masa depan.  Sebagian yang beruntung akan memiliki anggapan positif terhadap masa depannya.  Sedangkan sebagian orang merasa terganggu karena selalu memiliki pikiran yang negatif tentang dirinya di masa depan.  Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut tentu bisa menyebabkan hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan mental maupun fisik seseorang.

Beberapa Tips / Cara Mengatasi Rasa Takut dan Rasa Khawatir Pada Masa Depan Kita :

1. Berpikir Positif

Untuk menghilangkan rasa kekhawatiran kita akan masa depan, kita harus berpikir positif.  Hilangkan berbagai prasangka buruk terhadap diri kita sendiri di masa yang akan datang.  Percayalah bahwa diri kita akan menjadi orang yang lebih baik di masa depan sesuai dengan harapan kita jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan disertai dengan doa.

2. Mulai Mencari Solusi

Apa yang kita takutkan mungkin sebenarnya adalah sesuatu yang bisa diatasi dengan mudah.  Kita bisa mencari jalan keluar dari apa-apa yang kita takutkan dengan bertanya kepada ahlinya.  Bisa juga melakukan konsultasi pada pembimbing konseling, psikolog, ahli agama, orang yang bijaksana, dan lain sebagainya.  Dengan adanya solusi atas apa yang dikhawatirkan selama ini mudah-mudahan bisa membebaskan diri kita dari pikiran-pikiran yang negatif.

3. Mendekatkan Diri dengan Orang-Orang Baik

Selain mendekatkan diri kita kepada Allah SWT kita juga sebaiknya mulai mendekatkan diri dengan orang-orang yang benar alias baik.  Tinggalkan teman-teman kita yang selama ini mengajak kita ke jalan yang sesat sehingga menyebabkan banyak waktu kita yang terbuang percuma dengan mereka.  Jika orang di sekeliling kita adalah orang-orang yang selalu berpikiran positif dan berkelakuan sangat baik, tentu hal tersebut bisa saja berimbas pada pemikiran kita.

4. Berubah Menjadi Lebih Baik

Langkah yang paling penting adalah bagaimana caranya agar diri kita menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.  Tentunya kita harus mengetahui apa-apa saja yang tidak baik dari diri kita dan sesegera mungkin mengubahnya ke arah yang lebih baik.  Lakukan instrospeksi diri, dan ubah sikap perilaku yang jelek-jelek menjadi baik.  Jika merasa malu kita bisa pindah ke tempat baru di mana tidak ada orang yang kenal dengan diri kita di masa lalu.

Selama mencoba, dan semoga berhasil mengatasi rasa takut kita akan masa depan yang belum pasti.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Rasa Khawatir/Takut Akan Masa Depan"

Posting Komentar