Cara Menurunkan Berat Badan / Obesitas dengan Pola Hidup yang Baik

Berat badan yang berlebihan akan sangat mengganggu anda dalam melakukan banyak aktivitas. Selain itu banyak juga dampak yang terjadi jika anda memiliki berat badan yang tidak ideal seperti timbulnya masalah kesehatan sampai rasa tidak percaya diri dalam pergaulan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Namun jangan khawatir karena ada cara untuk menurunkan berat badan anda dengan mudah dan efektif untuk orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Cara tersebut sudah dipakai dan dicoba oleh beberapa orang dan hasilnya sangat memuaskan. Anda tidak perlu melakukan cara menurunkan berat badan yang terlalu menyiksa anda seperti pada program-program diet yang banyak orang coba lakukan. Anda bisa mencoba cara tersebut perlahan-lahan tetapi memiliki kemungkinan dapat dengan cepat menurunkan berat badan anda. Beberapa cara tersebut akan dijelaskan pada tulisan di bawah ini.

Tips Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih (Mengatasi Masalah Obesitas) :

1. Melakukan Aktivitas Sarapan Pagi yang Baik dan Benar

Cara pertama dalam menurunkan berat badan adalah mengawali dengan sarapan yang sehat dan lengkap. Cara ini ampuh mengatasi makan siang dan makan malah anda secara berlebihan. Makanan yang seimbang pun juga akan mempengaruhi oksidasi lemak dalam tubuh anda. Sarapan yang lengkap seperti telur, susu, nasi, lauk, sayur merupakan menu lengkap sarapan yang baik.

2. Minum Air Putih Dalam Jumlah dan Cara yang Tepat

Beberapa studi menyebutkan jika meminum air putih dapat anda gunakan untuk menurunkan berat badan anda. Pada saat perut lapar maka perut akan membutuhkan nutrisi tambahan, hal inilah yang menyebabkan anda akan makan dan makan lagi. Ambil segelas air putih dan meminumnya. Untuk takaran para ahli gizi mengatakan bahwa air putih yang cukup selama sehari sebanyak 8 gelas perhari akan menghentikan pola makan anda yang berlebihan. Air putih dapat mengisi perut anda sehingga tidak akan terasa lapar lagi. Air putih mungkin dapat membantu menurunkan berat badan anda.

3. Awali Hari Dengan Olahraga yang Cukup dan Sesuai Minat dan Kebutuhan Anda


Olah raga memang kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Dengan olahraga dapat membuat sehat tubuh anda dan juga dapat membantu menurunkan berat badan anda yang berlebih di luar batas kewajaran. Mulailah dengan bangun tidur dan melakukan aktivitas ringan olahraga dan hari demi hari tambah porsi olahraga anda. Jangan terlalu memaksakan diri dengan langsung berolahraga yang berat untuk hari pertama.

4. Makan Makanan yang Bergizi Rendah Lemak dan Rendah Kalori

Jika mampu maka sebaiknya anda melakukan puasa selang-seling dengan niat melakukan puasa Nabi Daud (David) AS.  Dengan sering melakukan puasa maka diharapkan nafsu makan anda bisa menjadi terkendali tidak seperti sebelum-sebelumnya.  Tentunya anda harus menahan diri untuk tidak makan berlebihan.  Jika makan pun perhatikan porsi dan kandungannya.  Jangan sampai makanan yang tinggi kadar lemak, kolesterol, kalori, dan sebagainya bisa leluasa masuk ke dalam sistem pencernaan anda.

---

Masih ada banyak hal lain yang bisa anda lakukan untuk membuat berat badan anda turun ke arah berat badan ideal.  Mudah-mudahan cara-cara yang baik bagi kesehatan tersebut cocok untuk anda sehingga bobot tubuh anda bisa susut ke arah yang menggembirakan.  Hindari berhenti menerapkan pola hidup sehat di tengah jalan.  Jika sudah langsing dengan berat tubuh ideal pun jangan menghentikan pelaksanaan pola hidup sehat pada diri anda agar anda selalu mendapatkan bentuk tubuh ideal dan sehat.  Jika cara-cara di atas gagal, maka ada baiknya anda konsultasikan dengan pakar kesehatan agar mendapatkan solusi yang tepat atas masalah yang menimpa diri anda.

+baiiput

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menurunkan Berat Badan / Obesitas dengan Pola Hidup yang Baik"

Posting Komentar