Cara Puasa yang Menyebabkan Tambah Gemuk / Berat Badan

Secara logika dan akal sehat orang yang rajin melakukan ibadah puasa tentu tubuhnya lama-lama akan menjadi semakin menyusut karena kekurangan asupan gizi makanan dan minuman.  Apalagi yang mempraktekkan cara puasa Nabi Daud AS. yang sehari puasa sehari tidak puasa secara terus-menerus sepanjang tahun. Begitu juga dengan puasa sebulan penuh di bulan ramadhan yang dilakukan setiap hari selama 30 hari atau 29 hari dari terbit matahari hingga terbenam matahari.

Akan tetapi pada kenyataannya berbeda dari apa yang dibayangkan oleh banyak orang.  Orang yang rajin puasa ternyata bisa menjadi orang yang kelebihan berat badan alias obesitas.  Selama bulan puasa seseorang bisa bertambah berat tubuhnya tanpa disadari.  Jika yang terjadi berbeda dengan apa yang direncanakan, maka pasti ada sesuatu hal salah dari puasa yang telah dijalani.

Penyebab Utama Orang yang Rajin Puasa Tambah Gemuk

Orang yang bertambah gemuk setelah rajib berpuasa biasanya disebabkan oleh kesalahan pada pola makan.  Makanan dan minuman yang dikonsumsi seharusnya tetap di dalam batasan aturan pola makan yang sehat walaupun sedang menjalani ibadah puasa yang panjang dan rutin.  Salah dalam memilih makanan dan minuman sejak berbuka puasa hingga waktu imsak menyebabkan tubuh semakin melar.

Orang yang berpuasa terkadang kalap pada saat berbuka puasa dan makan sahur sehingga tidak sadar bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsinya mengandung zat gula berlebih.  Itulah mengapa orang yang berpuasa bisa menjadi tambah gemuk.  Selain porsi yang lebih banyak, terkadang orang yang berpuasa juga makan makanan dan minum minuman yang berbeda dari yang dikonsumsinya sehari-hari sehingga bisa menaikkan kadar gula tubuh lebih dari biasanya.

Pola Makan yang Baik Saat Puasa

Ketika berbuka puasa hendaknya minum secukupnya dan makan tiga butir buah kurma.  Baru setelah melaksanakan ibadah sholat maghrib bisa ditambah dengan makanan berat sewajarnya.  Jika terlalu banyak makan maka dapat mengakibatkan tubuh menjadi terasa lemas dan mengantuk ketika melaksanakan sholat tarawih dan witir berjamaah serta mendengarkan ceramah ramadhan.

Apabila ketika baru buka puasa langsung makan makanan yang berat-berat dalam jumlah besar, maka lambung akan dipaksa bekerja dengan sangat keras.  Jika sudah begitu maka lambung akan terasa tidak nyaman yang membuat aktivitas menjadi terganggu.  Oleh sebab itu hendaknya kita menjaga makanan dan minuman yang akan kita konsumsi di bulan puasa agar tidak menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Puasa yang Menyebabkan Tambah Gemuk / Berat Badan"

Poskan Komentar