Terbaru :
Home » , , , » Cara Serta Langkah Mematikan atau Shut Down Komputer / PC / Laptop Anda yang Benar

Cara Serta Langkah Mematikan atau Shut Down Komputer / PC / Laptop Anda yang Benar

Oleh godam64 pada 28 April 2006 | 05:26

Untuk mematikan komputer atau laptop anda sebaiknya jangan langsung mencabut listrik yang terhubung pada komputer, karena dapat mengakibatkan kerusakan pada hard disk/hard drive anda dan tidak menutup kemungkinan dapat merusak komponen lainnya. Dengan melakukan shutdown komputer anda dengan benar dapat memberi kesempatan pada komputer untuk menyimpan setting komputer anda yang berguna untuk booting dan konfigurasi komputer. Di samping itu shut down akan mempersiapkan seluruh software dan hardware yang ada pada komputer anda untuk dimatikan, sehingga tidak akan menimbulkan masalah jika dinyalakan kembali.

Masalah yang biasanya timbul jika komputer langsung dimatikan tanpa di shut down adalah hilangnya data penting untuk booting dan masalah terparah adalah menimbulkan bad sector ataupun hard disk mati total tidak terdeteksi oleh bios. Jika terjadi kehilangan data yng diperlukan untuk booting anda bisa memperbaiki dengan restore pada dos atau menginstall ulang windows atau os lainnya tanpa memformat hard disk.

Cara dan langkah yang tepat mematikan komputer anda. Mungkin ini sudah diketahui oleh 99.99% user komputer di Indonesia, namun tidak ada salahnya berbagi ilmu pada yang membutuhkannya.
1. Klik "Start" di pojok kiri bawah atau bisa juga memencet tombol gambar logo windows pada keyboard anda.
2. Pilih "Turn Off Computer"
3. Pilih "Shut Down" Atau "Turn Off Computer"
4. Lalu pilih "OK" jika tidak diproses secara otomatis (windows98)

Tambahan :
- Fungsi Restart adalah untuk booting ulang komputer anda tanpa mati terlebih dahulu, karena langsung menyala kembali dan menjalankan os.
- Fungsi Hibernate adalah untuk mematikan komputer dengan setting program atau software tidak berubah. jadi program yang masih terbuka sebelum hibernasi akan tetap kembali di posisi masing-masing ketika dinyalakan kembali.
- Fungsi Restart to dos adalah untuk menjalankan command prompt dos secara independent tanpa campur tangan windows.
- Fungsi Stand By adalah untuk mematikan sementara komputer tanpa mematikan harddisk. lebih ringan daripada hibernate.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger