Contoh Perbuatan Jahat Tidak Terpuji yang Dilakukan Pada Binatang/Hewan

Manusia hidup berdampingan dengan dengan binatang di alam lingkungan hidupnya.  Hubungan manusia dengan hewan-hewan yang ada di sekitarnya merupakan hubungan tidak dapat dipisahkan.  Manusia tidak dapat hidup tanpa hewan-hewan, namun hewan-hewan dapat hidup tanpa manusia.  Binatang-binatang di dunia ini saling berinteraksi satu sama lain membentuk rantai makanan yang saling mempengaruhi antara yang satu dengan yang lainnya.  Umat manusia banyak yang melakukan berbagai perbuatan yang tidak baik kepada hewan walaupun manusia sangat membutuhkan keberadaan hewan-hewan tersebut.

Contoh Beberapa Perilaku Jahat / Tercela Manusia Terhadap Binatang / Hewan :

1. Melukai / Menyiksa Binatang

Sebagai manusia yang berbudi luhur kita harus selalu memiliki rasa perikemanusiaan sesama insan manusia.  Kepada binatang pun kita juga perlu menjaga rasa perikebinatangan atau perikehewanan kita.  Bagaimana pun juga hewan juga makhluk hidup yang serupa dengan kita.  Kita dan hewan sama-sama dapat merasakan rasa sakit jika disakiti.  Oleh sebab itu janganlah menyakiti binatang untuk kesenangan belaka, karena kita pun juga tidak ingin disiksa dan disakiti seperti binatang tersebut.

2. Tidak Memberi Makan Minum Hewan Peliharaan

Jika tidak mampu memelihara binatang dengan profesional maka janganlah memelihara binatang.  Hewan peliharaan perlu untuk diurus dengan baik mulai dari makanan minuman hingga urusan kebersihan kandang.  Hewan peliharaan membutuhkan makanan secara rutin dalam jangka waktu tertentu.  Jika tidak diberi makan dan minum sesuai dengan jadwal kebutuhannya, maka lambat laun binatang peliharaan akan mati kelaparan atau kehausan.  Berikan juga tempat tinggal yang layak bagi binatang peliharaan sehingga dapat hidup dengan nyaman.  Jika tidak mampu melakukannya, maka hewan pun akan merasa tersiksa karena harus hidup di tempat yang tidak disukainya.

3. Mencemari Lingkungan

Secara tidak langsung kita dapat melakukan perbuatan yang jahat nan tercela kepada binatang-binatang yang ada di sekitar kita.  Misalnya seperti membuang sampah atau limbah yang mengandung zat-zat yang beracun bagi binatang secara sembarangan.  Secara langsung maupun tidak langsung, banyak binatang di dunia ini yang terkena gangguan kesehatan akibat dari pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh manusia.

4. Mengadu Hewan

Banyak orang yang memiliki kegemaran mengadu hewan sebagai hiburan.  Contoh seperti adu kambing, adu ikan cupang, adu ayam jago, adu anjing dan lain sebagainya.  Sangat kasihan sekali jika hewan-hewan tersebut harus bertarung mempertaruhkan nyawa hanyak untuk sarana menghibur manusia.  Hewan yang diadu dapat terluka, cacat dan bahkan mati dalam acara adu binatang tersebut.

5. Mengebiri Hewan

Sebagian orang melakukan kebiri hewan peliharaan maupun hewan liar untuk mengurangi populasi hewan.  Cara tersebut adalah cara yang tidak baik, karena cara tersebut dapat membuat hewan yang dikebiri tersiksa karena tidak dapat menyaluarkan kebutuhan biologisnya.

6. Membunuh Binatang Secara Membabi Buta

Sebagian orang memiliki kegemaran menebar racun untuk membunuh atau membius binatang.  Kegiatan meracuni tersebut bisa saja membunuh binatang-binatang yang tidak patut untuk dibunuh secara serampangan.  Di laut banyak manusia yang mencari ikan dengan cara meledakkan bom di laut dan juga dengan cara menebar jaring pukat harimau.  Cara-cara tersebut adalah cara-cara yang tidak baik untuk mencari ikan karena dapat merusak lingkungan serta juga dapat membunuh spesies hewan lainnya dalam jumlah besar.

Semoga tulisan singkat sederhanan ini dapat memberikan kebaikan pada kita semuanya, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Contoh Perbuatan Jahat Tidak Terpuji yang Dilakukan Pada Binatang/Hewan"

Posting Komentar