Daftar Nama Barang-Barang Bekas/Second yang Masih Bisa Dijual Menjadi Uang/Duit

Pada saat kita membutuhkan uang dalam waktu yang singkat karena adanya suatu kebutuhan mendadak, kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas milik kita yang tidak kita pakai lagi untuk diubah menjadi uang. Jumlah barang-barang yang dijual disesuaikan dengan nilai uang kita butuhkan dengan pemilihan barang yang akan dijual sesuai dengan skala prioritas terendah yang sudah tidak dipergunakan lagi di masa mendatang.

Selain menjual barang kita pun juga bisa memanfaatkan jasa pegadaian resmi yang ada di sekitar kita apabila barang yang dijual memiliki nilai yang cukup baik serta memenuhi syarat yang berlaku di kantor pegadaian setempat. Dengan menggadaikan barang jika bisa mendapatkan uang hasil gadaian kita dan apabila suatu saat nanti kita punya uang banyak dan ingin menebus barang yang telah kita gadaikan, maka kita bisa mendapatkannya kembali selama belum jatuh tempo gadai dan membayar biaya penitipannya.

Berikut ini adalah daftar macam-macam barang atau jenis-jenis barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan menjadi uang kontan dengan cara dijual :

1. Barang Elektronik

Barang elektronik bekas baik yang masih berfungsi dengan baik maupun yang sudah rusak di mana harga barunya masih mahal biasanya masih bisa dijual. Yang rusak bisa kita perbaiki dulu sebelum dijual agar nilai jualnya bisa lebih tinggi atau langsung kita jual saja kepada orang-orang yang butuh barang rusak untuk diperbaiki atau untuk kanibal suku cadang barang yang sama atau sejenis. Jualah barang-barang yang nilai barang barunya masih tinggi di tempat yang tepat seperti di komunitas jual beli di internet atau di toko elektronik yang melayani jual maupun beli.

Contoh : Handphone, Televisi, Radio, Tape, Kamera Digital, Mesin Cuci, Komputer, Laptop, Mesin Penanak Nasi, Mesin Cuci Piring, Video Game, dan lain-lain.

2. Barang Bekas Rongsokan

Barang-barang yang bisa didaur ulang menjadi barang-barang baru yang benilai ekonomis bisa kita kilokan di tukang barang bekas keliling yang sering lewat di daerah pemukiman warga masyarakat. Memang nilai harganya tidak terlalu signifikan jika jumlahnya sedikit, namun apabila jumlahnya banyak sudah tentu akan menghasilkan uang yang banyak pula.

Contoh : Koran Bekas, Majalah Bekas, Buku Bekas, Tumpukan Kertas Bekas, Botol Bekas, Besi Tua, Kardus Bekas, Botol atau Gelas Air Minum Dalam Kemasan Bekas, dan lain sebagainya.

3. Barang-Barang Pribadi

Barang-barang pribadi yang masih bagus dan bisa dipakai orang lain bisa saja kita jual jika memang memiliki merek yang memiliki banyak penggemar. Yang jelas jangan sampai kita menjual barang-barang palsu alias bajakan, karena hanya akan menimbulkan masalah baru yang serius. Menjual barang-barang pribadi bekas yang nilainya rendah dan tidak memiliki merek yang terkenal akan sulit untuk dijual, kecuali anda kita adalah orang terkenal yang punya banyak penggemar fanatik.

Contoh : Sepatu, Jaket, Kaos, Sendal, Topi, Kemeja, Celana Jeans, Jilbab, dan lain Sebagainya.

4. Barang Hobi

Hobi yang kita miliki yang berkaitan dengan barang-barang koleksi bisa kita jual. Barang koleksi tersebut harus dikoleksi juga oleh banyak orang agar kita mudah menjualnya. Tempat terbaik untuk menjual barang-barang koleksi dari hobi kita adalah kepada komunitas hobiis/kolektor barang yang sama agar nilai jualnya tidak terlalu jatuh. Hindari menjual barang-barang palsu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan barang dagangan kita bebas dari barang palsu.

Contoh : Koleksi Perangko, Koleksi Kartu Voucher Pulsa Handphone, Koleksi Mobil-Mobilan Die-Cast, Koleksi Koin Perak, Koleksi Koin Emas, Koleksi DVD, Koleksi Gitar, Koleksi Kartu Permainan, Koleksi Batu Alam, dan lain sebagainya.

5. Tanaman dan Binatang Peliharaan

Apabila kita memiliki tanaman-tanaman atau binatang peliharaan yang punya nilai ekonomi tinggi kita bisa saja menawarkannya kepada orang-orang yang cinta hewan peliharaan atau cinta tanaman hias. Tanaman atau binatang yang sedang trend dan mahal sebaiknya dijadikan prioritas utama penjualan karena dengan menjual dalam jumlah kecil bisa menghasilkan banyak uang.

Contoh : Kucing Persia, Burung Beo yang Bisa Bicara, Ikan Arwana, Ikan Koi, Iguana, Bunga Bangkai, Antorium, dan lain-lain.

Selamat menjual barang-barang bekas anda dirumah. Menjual barang-barang yang sudah tidak memberikan manfaat yang maksimal lagi tidak hanya bisa menghasilkan uang, namun juga akan membuat rumah kita lebih lega terbebas dari barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi. Selain itu kita juga bisa beramal sedekah dengan memberikan sesuatu yang tidak kita gunakan lagi namun bisa menjadi sangat berguna bagi orang lain yang membutuhkannya. Berikan saja secara cuma-cuma barang-barang yang kurang bermanfaat bagi diri kita namun bermanfaat bagi orang lain.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Nama Barang-Barang Bekas/Second yang Masih Bisa Dijual Menjadi Uang/Duit"

Posting Komentar