Daftar Nama Binatang/Hewan Yang Hidup Di Sekitar Lingkungan Rumah Kita/Manusia

Lingkungan sekitar kita adalah habitat kita sebagai manusia dan juga habitat berbagai jenis binatang, baik yang secara sengaja didatangkan orang dari luar maupun yang tidak sengaja ada di sekitar kita. Banyak binatang yang hidup bersama kita karena secara turun-temurun beranak-pinak sejak nenek moyangnya sudah tinggal di lingkungan manusia, ada yang karena mencari peruntungan ikut-ikutan manusia urbanisasi ke daerah pada penduduk, dan ada pula yang didatangkan manusia dari habitat aslinya ke tengah-tengah kehidupan manusia.

Ada berbagai jenis binatang, mulai dari yang besar hingga yang sangat kecil dan butuh bantuan mikroskop untuk bisa melihatnya dengan jelas. Ada yang dari jenis hewan bertulang belakang seperti mamalia (binatang menyusui), amphibia (katak), aves (unggas), reptilia (hewan melata) dan pisces (ikan). Contoh hewan vertebrata yaitu seperti anjing, babi, monyet, kucing, kelelawar, sapu-sapu, cucak rowo, kodok, kadal, koi, dan lain-lain. Selain binatang bertulang belakang (vertebrata), juga ada binatang yang tidak bertulang belakang (invertebrata atau avertebrata) seperti annelida, arthropoda, coelenterata, echinodermata, mollusca, nemathelminthes, platyhelminthes, porifera, dan protozoa. Contoh invertebrata seperti cacing, kutu busuk, capung, sotong, keong racun, dan lain sebagainya.

Jumlah binatang yang tinggal bersama kita jumlahnya sangat banyak sekali dan mungkin tidak dapat kita hitung karena ada binatang yang sangat kecil sekali yang tidak nampak di mata telanjang kita.

Berikut ini adalah daftar beberapa nama hewan/binatang yang ada dan hidup di sekitar rumah atau tempat tinggal kita :

A. Daftar Nama Hewan/Binatang yang Biasa Jadi Peliharaan Manusia :

1. Anjing
2. Kucing
3. Marmut / Hamster
4. Berbagai jenis burung (burung parkit, nuri, beo, kakaktua, betet, dll)
5. Berbagai jenis ikan (ikan cupang, lele, nila, lauhan, koi, mas, gapi, dll)
6. Kambing
7. Sapi
8. Ayam
9. Bebek / Itik
10. Kelinci

B. Daftar Nama Hewan/Binatang Liar yang Hidup di Sekitar Manusia :

1. Cicak
2. Tikus
3. Nyamuk / Jentik
4. Lalat / Belatung
5. Laba-Laba
6. Burung pipit kecil / burung gereja
7. Kucing
8. Semut
9. Rayap / Laron
10. Kecoa
11. Ikan cere / ikan gapi
12. Anjing
13. Kelelawar / codot
14. Capung
15. Belalang
16. Kutu busuk / kutu bangsat
17. Kutu rambut
18. Burung walet
19. Kupu-kupu / Ulat
20. Ngengat
21. Kadal
22. Kodok
23. Lintah
24. Ular
25. Cacing
26. Undur-undur
27. Wereng
28. Kaki seribu / lipan
29. Bekicot
30. Keong sawah

Masih ada banyak sekali daftar nama hewan lainnya yang belum masuk ke daftar ini. Jika anda punya tambahan silahkan untuk mengambil bagian turut serta di situs web ini melalui komentar di bawah ini. Kurang lebihnya mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Nama Binatang/Hewan Yang Hidup Di Sekitar Lingkungan Rumah Kita/Manusia"

Posting Komentar