Daftar Nama Nabi Selain 25 Nabi yang Wajib Diketahui

Dalam pelajaran agama Islam kita diajarkan bahwa Allah SWT mengangkat manusia sebagai Nabi dan Rasul untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT.  Para Nabi dan Rasul memberitahukan kaumnya mengenai berbagai hal penting seperti penjelasan mengenai Tuhan, surga, neraka, ibadah, hal-hal yang boleh dilakukan, hal-hal yang tidak boleh dilakukan dan lain sebagainya.  Sejarah tentang nabi bersumber dari Al-Qur'an maupun dari Hadits Nabi Muhammad SAW.

Di luar nama nabi yang 25 mungkin akan banyak orang yang merasa asing ketika disebutkan nama-namanya.  Sebagian juga merupakan nama-nama nabi dalam ajaran agama lain karena memang pada dasarnya ajaran agama yang lain tersebut pada awalnya merupakan ajaran agama yang dibawa oleh nabi Allah SWT.  Nabi adalah sosok yang harus kita hormati sehingga hendaknya kita mengucapkan salam setelah mengucap nama nabi seperti Alaihissalam atau Peace Be Upon Him.

Nama Nabi yang Tidak Termasuk ke Dalam 25 Nabi yang Wajib Diketahui Orang Islam :

1. Nabi Syits AS. (Seth PBUH.)

2. Nabi Khidir AS. (Khidr PBUH.)

3. Nabi Yusha AS. (Joshua PBUH.)

4. Nabi Hazqiyal AS.

5. Nabi Samuel AS.

6. Nabi Yesaya AS. (Isaiah PBUH.)

7. Nabi Yeremia AS. (Jeremiah PBUH.)

8. Nabi Daniel AS.

9. Nabi Uzayr AS. (Uzair / Ezra PBUH.)

10. Nabi Simson AS. (Samson PBUH.)

11. Nabi Hanzhalah AS.

Sumber : Wikipedia Indonesia
Keterangan : Nama di dalam kurung adalah nama versi bahasa inggris (internasional)

Dari daftar nama nabi di atas masih ada banyak lagi nabi dan rasul yang lainnya.  Jumlah nabi dalam ajaran agama Islam jumlahnya mencapai 124.000 orang dan 312 rosul.  Hal itu tidak mengherankan karena setiap umat mendapatkan utusan Allah SWT. masing-masing.  Umat dari zaman nabi Adam AS. hingga nabi Muhammad SAW tentu jumlahnya ada sangat banyak sekali yang tidak mungkin akan dapat kita hitung jumlahnya.

Di antara para nabi dan rasul terdapat seorang nabi yang juga seorang rasul yang masih hidup hingga sampai dengan saat ini.  Satu-satunya nabi yang masih hidup adalah Nabi Isa AS. (Jesus PBUH.) namun keberadaanya tidak diketahui dan hanya Allah SWT saja yang mengetahui keberadaan beliau.  Nabi Isa AS. akan diutus kembali ke dunia untuk mengatasi kejahatan Dajjal serta untuk membenarkan ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.  Entah kapan Nabi Isa AS. akan turun ke dunia dan melakukan perbaikan di dunia.  Hanya Allah SWT yang tahu jawabannya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Nama Nabi Selain 25 Nabi yang Wajib Diketahui"

Poskan Komentar