Daftar Profesi/Pekerjaan Manusia yang Diremehkan/Direndahkan/Dipandang Sebelah Mata

Secara kodrat seorang manusia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya beserta keluarganya. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa digeluti seseorang untuk bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya itu. Tidak semua pekerjaan bisa memberikan penghidupan yang layak bagi para pelakunya, namun pada umumnya seseorang bisa mengusahakan berbagai cara dan upaya agar bisa terus bertahan hidup di dunia. Ada pekerjaan yang baik, ada pula yang buruk. Ada pekerjaan yang bisa dilakukan banyak orang dan ada yang hanya bisa dikerjaan orang-orang tertentu saja.

Di antara berbagai pekerjaan yang ada, ada beberapa di antaranya yang memiliki persepsi yang buruk di mata masyarakat. Padahal pekerjaan-pekerjaan tersebut jika dilakukan dengan baik serta dibumbui inovasi dan kreatifitas, pekerjaan tersebut bisa membuat seseorang menjadi sukses dan dapat menarik minat orang lain yang terjun ke profesi yang sama untuk bisa turut mendapatkan kesuksesan yang setara. Beberapa pekerjaan yang sering dipandang rendah atau dipandang remeh banyak manusia di antaranya yaitu :

1. Petani dan Peternak

Yang terbayang di benak kita ketika mendengar kata petani biasanya adalah orang miskin yang sedang memacul di sawah berlumpur untuk menanam sesuatu. Jika mendengar kata peternak yang di muncul kepala kita adalah orang miskin yang sedang memberikan makan hewan ternaknya di kandang yang sempit, gelap, kotor dan bau. Padahal jika dikelola dengan baik seperti dengan menggunakan teknologi robot, teknologi tepat guna, pemuliaan tanaman, pemuliaan hewan, obat/pestisida alami, orientasi organik, manajemen profesional, dan lain sebagainya, maka profesi petani atau peternak adalah profesi yang sangat menjanjikan. Semua orang butuh makanan dan apabila hasil pertanian dan peternakan tidak laku, maka bisa diawetkan, dikonsumsi sendiri atau dibarter dengan barang kebutuhan pokok lainnya dengan sesama petani peternak.

2. Pengrajin

Seseorang yang bisa melihat peluang pasar serta bisa memanajemen usaha kerajinan dengan baik dan profesional maka bukan hal yang tidak mungkin untuk meraup keuntungan besar. Beberapa contoh usaha kerajinan yang tadinya tidak dilirik orang dan kemudian dilirik orang yaitu seperti mainan edukasi anak ramah lingkungan, pakaian busana muslim modern, aksesoris gadget, dan lain sebagainya. Sesuaikan produk kerajinan yang akan digeluti dengan kemampuan serta minat kita agar hasilnya bisa lebih optimal.

3. Pedagang

Dengan meniru jurus-jurus pedagang sukses serta menambahkan ide-ide kreatif pada konsep pemasaran suatu produk, maka suatu usaha dagang bisa menjadi sukses. Tetapi kita juga harus jeli melihat kebutuhan pasar, perilaku pasar, serta peluang pasar sehingga tidak salah dalam menentukan produk, harga, tempat jualan dan promosi penjualannya. Tirulah cara berdagang Nabi Muhammad SAW panutan kita agar bisa turut sukses seperti beliau.

4. Tukang Reparasi / Tukang Servis

Benda-benda yang rusak daripada dibuang lebih baik diperbaiki, selama ongkos perbaikannya murah, prosesnya cepat, pelayanan yang ramah dengan hasil perbaikan yang baik serta bergaransi adalah beberapa trik untuk sukses di bidang servis atau perbaikan suatu benda. Ada banyak benda yang bisa diperbaiki dan mendapatkan uang dari orang yang membutuhkan jasa perbaikan, seperti servis barang elektronik, servis perabotan rumah tangga (furniture), servis sepeda motor atau mobil, servis alat masak, servis permak pakaian, dan lain sebagainya.

5. Guru / Pengajar

Banyak orangtua yang khawatir ketika anaknya memiliki cita-cita menjadi seorang guru. Padahal guru adalah pekerjaan yang mulia. Jika seorang guru bisa kreatif dengan membuat buku-buku, membuat tempat belajar online di internet, meningkatkan kualitas diri sehingga bisa menjadi dosen pengajar di perguruan tinggi ternama, membuka bimbingan belajar bersama teman seprofesi dan lain sebagainya, maka bukan hal yang tidak mungkin seorang guru bisa sukses layaknya para pengusaha sukses. Sambil menyelam minum air, sambil mengajar di sekolah juga berbisnis berbagai usaha yang bermanfaat bagi banyak orang.

====

Intinya, ketika sukses dan mendapatkan banyak uang dari keuntungan usaha, jangan digunakan untuk foya-foya dan boros untuk membeli berbagai hal yang kita inginkan. Gunakan keuntungan tersebut untuk melakukan intensifikasi maupun ekstensifikasi. Jika usaha yang sudah ada sudah kuat, bukalah cabang di tempat lain yang memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan sukses yang sama. Banyak-banyaklah bergaul dengan para pengusaha sukses agar kecipratan suksesnya. Jangan lupa berdoa memohon sukses kepada Tuhan yang Maha Menentukan nasib kita semua. Selamat berjuang dan semoga sukses.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Profesi/Pekerjaan Manusia yang Diremehkan/Direndahkan/Dipandang Sebelah Mata"

Posting Komentar