Daftar Tempat yang Memberikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Umum

Kesehatan adalah hal yang utama dalam hidup kita. Tanpa kondisi sehat kita akan kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan hidup sehari-hari. Walaupun sehat itu harganya mahal, masih banyak orang yang kurang menghargai kesehatan karena menerapkan pola hidup yang tidak sehat dalam kehidupannya. Tetapi anehnya orang rela mengeluarkan banyak uang untuk sembuh dari penyakit, namun tidak rela mengeluarkan banyak yang untuk mencegah penyakit.

Ketika seseorang jatuh sakit dan kesulitan untuk menyembuhkan dirinya sendiri dari penyakit atau gangguan kesehatan yang dideritanya, maka mau tidak mau dia harus mencari pertolongan medis agar masalah kesehatan yang dialaminya bisa diatasi secara maksimal. Antara tempat yang satu dengan tempat yang lain belum tentu sama aksesnya untuk mendapatkan bantuan medis. Di kota sudah tentu lebih banyak fasilitas kesehatannya daripada di desa atau tempat terpencil yang jauh dari jalan raya.

Untuk mendapatkan pertolongan kesehatan seseorang yang sedang sakit bisa mendatangi beberapa tempat pelayanan kesehatan yang terbuka untuk umum sebagai berikut :

1. Dokter Praktek
2. Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat)
3. Klinik Kesehatan
4. Rumah Sakit
5. Rumah Bersalin
6. Bidan Praktek
7. Labratorium Kesehatan
8. Mantri Praktek
9. Pengobatan Masal
10. Psikolog / Psikiater Praktek

Keterangan :
Usahakan untuk mencari pengobatan medis di tempat-tempat yang memiliki izin dari pemerintah dan hindari praktek kesehatan yang tidak jelas. Mencari pertolongan medis alternatif boleh-boleh saja selama dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Untuk mendapatkan bantuan medis, orang yang sakit harus membawa uang yang cukup agar bisa dilayani dengan baik tanpa menimbulkan masalah baru. Uang yang harus dibawa jumlahnya berbeda-beda antara tempat layanan kesehatan yang satu dengan yang lain. Jangan lupa membawa kartu identitas diri serta dokumen jaminan kesehatan lainnya yang mungkin bisa berguna. Jika tidak mampu secara ekonomi, uruslah askeskin dan sktm (jika tersedia). Yang pasti rumah sakit swasta ternama yang bertarif mahal dengan fasilitas pengobatan yang lengkap belum tentu memberikan pelayanan yang lebih baik daripada rumah sakit yang biasa-biasa saja.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Tempat yang Memberikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Umum"

Posting Komentar