Efek / Dampak Buruk Berteman dengan Orang yang Tidak Baik (Jahat)

Pepatah kuno mengatakan bahwa berteman dengan orang tukang minyak wangi akan membuat kita ikut terkena wanginya, sedangkan berteman dengan tukang minyak akan membuat kita terkena minyaknya.  Pepatah lama tersebut memang benar, karena teman bisa memberikan pengaruhnya terhadap diri kita.  Oleh sebab itulah maka kita harus pandai-pandai memilih teman.  Betemanlah dengan orang-orang yang baik dan sholeh.  Namun jangan juga sampai mengacuhkan atau bahkan memusuhi orang yang memiliki perangai yang tidak baik.

Dampak Buruk / Efek Negatif Memiliki Teman yang Jahat / Tidak Baik Sifat Perilakunya :

1. Menjadi Korban Kejahatan Teman Sendiri

Orang jahat yang sedang kumat jahatnya bisa memakan korban teman sendiri.  Orang yang jahat biasanya hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri.  Sehingga ketika sedang terpojok, maka teman pun bisa menjadi korban.

2. Ikut Berbuat Hal yang Tidak Baik

Salah satu konsekuensi dari berteman dengan orang lain adalah harus siap membantu teman ketika sedang membutuhkan bantuan.  Nah, jika teman kita yang tidak baik tersebut meminta bantuan untuk melakukan sesuatu hal yang tidak baik, maka bisa jadi kita pun akan ikut melakukan hal yang buruk, baik secara sadar maupun tidak sadar.

3. Penyesatan Secara Perlahan-Lahan

Jika iman kita tidak kuat maka teman yang buruk bisa membuat pemikiran kita lama-lama bisa menjadi seperti mereka.  Dari yang tadinya hanya sekedar berteman biasa bisa menjadi orang yang memiliki sifat yang sama dengan teman yang punya sifat yang tidak baik.

4. Makan Hati

Salah satu akibat yang bisa timbul jika tidak mengikuti kemauan teman yang tidak baik adalah kita bisa dibuli, dimarahi, dikerjai, difitnah, diadu domba, dijebak, dan lain sebagainya.  Berteman dengan orang baik harus siap korban perasaan karena mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman kita sendiri.

5. Mendapatkan Citra / Pandangan / Persepsi / Stigma yang Buruk

Dekat dengan orang-orang yang dibenci oleh masyarakat dapat menimbulkan pandangan atau persepsi yang buruk terhadap diri kita.  Orang-orang bisa menganggap kita telah berubah menjadi orang yang tidak baik sehingga bisa mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari orang yang salah paham.

Itulah mengapa kita harus membatasi diri dalam berteman dengan orang yang tidak baik, karena ada banyak keburukan yang bisa kita dapatkan jika terlalu dekat dengan orang-orang yang tidak baik.  Batasi pergaulan, tolak secara halus ajakan untuk hal-hal yang tidak baik, nasehati perlahan-lahan agar tidak lagi melakukan keburukan, membantu dalam hal yang baik-baik, dan lain sebagainya adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam berteman dengan orang yang tidak baik / buruk perangai / jahat.  Mudah-mudahan dengan kebaikan yang kita berikan mereka jadi sadar dan tidak lagi menjadi manusia yang berakhlak buruk.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Efek / Dampak Buruk Berteman dengan Orang yang Tidak Baik (Jahat)"

Poskan Komentar