Faktor Penyebab Mengantuk yang Menyebabkan Kantuk Pada Manusia

Mengantuk adalah sesuatu hal yang wajar terjadi pada diri seorang manusia normal.  Dengan rasa kantuk maka manusia akan mudah untuk tidur mengistirahatkan jiwa dan raganya.  Dengan mengistirahatkan tubuh, maka tubuh akan mengisi ulang energinya sehingga tubuh akan merasa segar bugar setelah beberapa saat terbangun dari tidur.  Orang yang kesulitan tidur dan yang kurang tidur biasanya lebih mudah terserang penyakit daripada yang tidurnya cukup tanpa masalah apa pun.

Secara umum setiap orang ingin bisa tidur yang normal seperti orang kebanyakan.  Akan tetapi sebagian orang mengalami kesulitan untuk tidur di waktu yang telah ditetapkan sehingga mengganggu aktivitas hidup sehari-hari.  Walaupun terlihat sepele, ternyata kebiasaan tidur yang tidak normal bisa menyiksa orang yang mengalaminya.  Pada waktu seharusnya tidur tidak bisa tidur, namun pada waktunya harus bekerja malah tertidur pulas di tempat kerja atau kantor.  Tentu saja hal tersebut dapat memberikan dampak yang sangat merugikan pada seorang penderita susah tidur.

Hal-Hal yang Menyebabkan Manusia Mengantuk dan Merasa Ingin Tidur :

1. Sudah Waktunya Tidur

Manusia memiliki jam biologis masing-masing.  Sebagian orang akan merasa mengantuk ketika telah memasuki waktu tidur.  Padahal orang yang mengantuk tersebut belum tentu merasa capek atau lelah sedikit pun.  Jika waktunya sudah tiba maka seseorang bisa merasa sangat mengantuk dan ingin segera tidur.  Anak-anak mungkin memiliki jam biologis yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa.

2. Kurang Tidur

Orang yang kurang tidur biasanya akan mudah mengantuk.  Tubuh yang kurang istirahat untuk memulihkan tenaga tentu saja akan kekurangan energi pada saat terjaga.  Lama kelamaan pun akhirnya tubuh semakin kurang tenaga dan akhirnya mengantuk.

3. Otak yang Terlalu Panas

Orang yang berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama bisa merasa mengantuk yang ditandai dengan menguap.  Menguap adalah suatu mekanisme tubuh dalam mendinginkan otak yang terlalu panas.  Udara yang didapatkan dari proses menguap digunakan untuk mendinginkan otak yang panas akibat pemanfaatan otak yang berlebihan.

4. Gejala Penyakit Kencing Manis (Diabetes)

Seseorang yang tubuhnya mengidap penyakit pradiabetes bisa jadi tubuhnya akan menjadi mudah mengantuk.  Gejala lain dari diabetes mellitus atau kencing manis adalah seperti sering buang air kecil (kencing) dan mudah merasa haus.  Jika gejala-gejala tersebut ada pada diri seseorang, hendaknya orang tersebut segera memeriksakan kondisi kesehatan dirinya ke dokter.

5. Gejala Kurang Darah (Anemia)

Orang yang kurang darah bisa menjadi mudah terserang rasa kantuk.  Darah merupakan salah satu sistem transportasi tubuh yang mensuplai oksigen ke seluruh tubuh manusia.  Jika pasokan oksigen darah berkurang secara signifikan maka energi yang dihasilkan tubuh pun akan berkurang.  Kekurangan energi bisa membuat seseorang mudah lelah kurang tenaga sehingga bisa mudah merasa mengantuk.

6. Olahraga yang Porsinya Tidak Tepat

Jika seseorang terlalu banyak berolahraga maka tubuh orang tersebut akan berkurang drastis energinya sehingga akan mudah lelah dan terserang rasa kantuk.  Begitu pun dengan kekurangan olahraga bisa membuat orang kurang bertenaga yang berujung pada kantuk yang kerap melanda.

----

Itulah beberapa hal yang biasa membuat seorang manusia mengantuk.  Merasa ngantuk adalah salah satu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang patut kita syukuri.  Dengan rasa kantuk kita bisa mudah melakukan aktivitas istirahat kita dalam bentuk tidur.  Mudah-mudahan artikel yang singkat mengenai penyebab kantuk ini bisa memberikan manfaat yang baik kepada kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Faktor Penyebab Mengantuk yang Menyebabkan Kantuk Pada Manusia"

Poskan Komentar