Fungsi/Manfaat Pijat Bayi Bagi Kesehatan Anak Bayi Jasmani Dan Rohani

Dipijat memang menyenangkan apabila dilakukan secara tepat. Hal itu pun berlaku bagi bayi di mana dengan cara memijat yang tepat maka bayi akan senang dan memberi efek positif bagi kesehatan fisik dan mental bayi yang diberi pijatan. Memijat bayi dipercaya dapat meningkatkan kontak batin antara ibu dan anak bayi atau antara ayah dan anak bayinya.

Fungsi dari memijat bayi apabila dilakukan secara tepat di bagian dada dapat memperkuat jantung dan paru-paru. Pada wajah akan bermanfaat untuk melemaskan otot wajah, punggung dapat memperkuat otot tulang belakang, perut untuk mengurangi sembelit serta kaki dan tangan untuk memperkuat kaki dan tangannya.

Lakukan pemijatan bayi selama kurang lebih 15 menit di tempat yang bersih dan nyaman pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Sebaiknya beri asi atau makan bayi dulu agar tidak lapar dan siapkan minyak oles dan pakaian ganti bersih untuk sang buah hati. Mulai dengan sentuhan lembut disertai kontak mata dan dendangan lagu atau perkataan orang tua ke bayi. Pijat dengan lembut dan bila bayi tidak mau atau menangis sebaiknya jangan dilanjutkan.

Kebaikan / Manfaat Pijatan Bayi :

1. Meningkatkan hubungan batin serta jalinan kasih antara orang tua dengan buah hati serta membuat orangtua semakin memahami anaknya.

2. Memacu pertumbuhan susunan otot dan kelenturan yang baik bagi pertumbuhan fisik bayi.

3. Memacu sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, kekebalan dan denyut jantung bayi.

4. Membuat bayi rileks serta dapat membuat bayi tenang dalam tekanan atau stress.

Tips :
Pelajari dulu cara memijat bayi yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Fungsi/Manfaat Pijat Bayi Bagi Kesehatan Anak Bayi Jasmani Dan Rohani"

Posting Komentar