Gejala Rasa Sakit pada Orang yang Berhenti Merokok

Rasa nikmat yang diberikan oleh rokok adalah rasa enak yang palsu.  Kenikmatan menghisap zat nikotin dari kegiatan merokok adalah rasa nikmat yang memang sudah dirasakan dalam kehidupan sehari-hari oleh orang yang tidak merokok.  Jika dikonsumsi manusia, nikotin akan merampas rasa nyaman, rasa tenang, rasa tentram, rasa percaya diri, dan perasaan psikis enak lainnya yang dimiliki seseorang.  Lalu memberikan rasa enak yang hilang tersebut sedikit demi sedikit jika mengkonsumsi nikotin kembali.  Lambat laun akhirnya perokok menjadi merokok terus-menerus agar bisa merasakan perasaan yang dirasakan sewaktu belum merokok dulu.

Celakanya rokok mengandung berbagai macam racun yang ikut masuk bersama dengan asap rokok yang mengandung nikotin.  Nikotin adalah zat adiktif yang sangat kuat sehingga seseorang akan menjadi perokok aktif yang akan sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan merokoknya secara total.  Zat nikotin pun yang efek kebal, sehingga seorang perokok harus mengkonsumsi rokok lebih banyak jika ingin mendapatkan efek rokok sama dengan sebelum-sebelumnya.  Jika berhenti merokok, maka orang yang aktif merokok akan merasa tersiksa secara lahir maupun batin.

Tanda/Gejala Rasa Sakit yang Dirasakan Oleh Orang yang Berhenti Menghisap Asap Rokok :

A. Gangguan Jiwa / Psikologis / Mental Akibat Baru Berhenti Merokok

1. Mudah Marah / Emosional
2. Sulit Konsentrasi
3. Susah Tidur / Insomnia
4. Peningkatan Nafsu Makan
5. Stress dan Depresi
6. Mudah Merasa Bosan / Bete
7. Gelisah

B. Gangguan Kesehatan / Rasa Sakit Fisik Akibat Baru Berhenti Merokok

1. Tenggorokan Kering
2. Sembelit
3. Sering Buang Angin / Kentut
4. Kepala Pusing dan Sakit Kepala
5. Mudah Merasa Lelah
6. Mual-Mual
7. Kram
8. Perut Kembung
9. Batuk-Batuk
10. Mulut Kering dan Terasa Asam
11. Kulit Bermasalah (Sensitif)
12. Badan Pegal-Pegal Linu

Mungkin masih ada lagi gejala-gejala gangguan lainnya yang diakibatkan oleh tubuh tidak lagi mendapatkan asupan zat nikotin dalam jumlah yang cukup.  Hal-hal di atas memang merupakan penyebab orang-orang yang merokok tidak dapat berhenti merokok.  Kurang lebih hanya sekitar tiga persen saja yang dapat berhenti merokok.  Sisanya masih harus terus merokok demi menghindari efek samping yang menyiksa ketika stop menghisap asap rokok yang mengandung nikotin.

Bagi anda yang belum merokok janganlah merokok, karena para perokok pun ingin kembali seperti sedia kala hidup tanpa rokok.  Sekali kecanduan asap rokok maka amatlah sangat sulit untuk berhenti secara menyeluruh.  Belum lagi harus berhadapan dengan masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh rokok yang begitu serius dan telah menyebabkan kematian banyak orang.  Secara agama pun merokok merupakan tindakan yang membinasakan diri sendiri sehingga bisa dianggap sebagai sesuatu yang haram.  Oleh sebab itu maka berhentilah merokok bagi yang telah terlanjur merokok mumpung masih hidup dan bisa bertobat kepada Allah SWT.  Mudah-mudahan kita semua terhindar dari berbagai keburukan nikotin yang sangat berbahaya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Gejala Rasa Sakit pada Orang yang Berhenti Merokok"

Poskan Komentar