Hal Penting Yang Perlu Dipertimbangkan/Dipikirkan Sebelum Memelihara Hewan/Binatang

Keputusan membawa hewan binatang ke rumah untuk dipelihara adalah suatu hal yang besar yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan masak-masak. Memelihara binatang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa sayang yang tinggi. Tanpa hal tersebut bisa jadi binatang yang kita pelihara akan tersiksa dan akhirnya mati akibat perbuatan lalai kita. Daripada mati karena kelalaian kita, akan jauh lebih baik apabila kita lepaskan bebas hidup di alam bebas.

Memilih hewan peliharaan harus tepat, karena salah memilih hewan peliharaan bisa berakibat fatal. Pilihlah hewan yang tidak dilarang agama, tidak dilarang hukum yang berlaku, tidak menyakiti manusia, tidak berpeluang membunuh manusia, mudah dirawat, dan lain-lain. Hindari memelihara hewan hanya karena faktor emosi semata. Setelah puas dan bosan, hewan peliharaan dicampakkan begitu saja dengan perawatan ala kadarnya.

1. Harus Punya Ilmunya

Kita harus memahami binatang yang kita pelihara agar tidak cepat mati. Ada banyak sumber ilmu pengetahuan di internet yang bisa pelajari sebagai pemula. Jika kita tidak menemukan informasinya di internet maka kita bisa coba bertanya kepada orang-orang yang online di situs-situs komunitas.

2. Menyediakan Waktu, Tenaga dan Modal yang Cukup

Kita harus mengalokasikan waktu, tenaga dan uang kita untuk membeli kandang, membeli makanan, membeli obat, memberi makan, memandikan, mengobati, bersih-bersih, dan lain sebagainya. Semua itu harus kita lakukan secara rutin setiap hari atau beberapa hari sekali sesuai kebutuhan hewan peliharaan kita.

3. Tidak Jijik Pada Kotoran Hewan

Setiap hewan peliharaan baik mamalia, reptilia, amphibia, aves, pisces, maupun insekta semuanya menghasilkan kotoran hewan yang tidak menyenangkan bagi orang-orang normal seperti kita. Kita harus rajin membersihkan kandang hewan peliharaan kita untuk menjaga kesehatan hewan pet tersebut maupun kesehatan diri kita sendiri beserta keluarga tanpa kita minta.

4. Dukungan Orang-Orang di Rumah

Jangan memelihara binatang yang membuat takut atau dibenci oleh anggota keluarga kita. Bisa-bisa binatang peliharaan kita dibuang atau dibunuh oleh orang rumah yang tidak menyukainya jika kita lengah. Jika anggota keluarga yang lain memberi dukungan, maka kewajiban kita bisa menjadi lebih ringan karena orang lain bisa membantu kita merawatnya.

5. Tetap Sayang Saat Tidak Lucu Lagi

Binatang peliharaan kita bisa berubah menjadi tua atau menjadi tidak bagus penampilannya alias jelek. Kita harus siap dengan kondisi demikian dan tetap merawatnya dengan baik seperti waktu dulu pertama kali dipelihara.

Menyiksa binatang peliharaan dan membuat binatang peliharaan mati akibat kelalaian kita adalah perbuatan dosa yang akan kita pertanggungjawabkan nanti kepada Tuhan. Walaupun hewan bukanlah manusia, namun mereka tetaplah makhluk hidup yang harus kita hormati hak hidupnya. Jika kita tidak sanggup menerima konsekwensi dari memelihara hewan di rumah, maka sebaiknya kita berkebun saja di rumah.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal Penting Yang Perlu Dipertimbangkan/Dipikirkan Sebelum Memelihara Hewan/Binatang"

Posting Komentar