Indonesia Pernah Mengeluarkan Uang Babi Tahun 1987

Pada tahun 1987 Bank Indonesia mengeluarkan uang babi pecahan Rp. 10.000,- dalam bentuk koin berbahan dasar perak.  Babi yang menjadi tokoh utama dalam uang koin tersebut adalah babi rusa, yaitu babi yang menjadi kebanggaan orang Indonesia karena babirusa hanya ada di Indonesia saja, tepatnya di pulau Sulawesi saja.  Babirusa yang merupakan keluarga babi-babian tidak ditemukan di tempat lain di dunia ini kecuali yang hasil pindahan dari Sulawesi.

Uang babi adalah uang yang unik karena bergambar babi sebagai bintang utamanya.  Tokoh binatang dalam uang keluaran Bank Indonesia memang cukup banyak, yaitu seperti orangutan, burung, sapi, komodo, dan lain sebagainya.  Burung garuda yang menjadi lambang Indonesia pun biasanya selalu muncul di uang keluaran Bank Indonesia.  Namun saran saya sebaiknya besok-besok sebaiknya Bank Indonesia tidak usah lagi mengeluarkan uang bergambar makhluk hidup, karena dikhawatirkan masuk ke dalam kategori dosa yang efeknya cukup parah.

Uang babi saat ini menjadi uang yang langka dan saya yakin banyak diburu oleh para kolektor uang dari berbagai penjuru dunia.  Apalagi uang yang berbahan perak memang merupakan jenis uang yang jarang dijadikan bahan uang di Indonesia.  Kita kita menemukan uang babi yang tidak ada pemiliknya (sudah dicari) maka sebaiknya disimpan saja dan tidak dibelanjakan karena nilai aslinya lebih besar dari nilai nominal yang tertera pada koin uang tersebut.  Dan jangan lupa mengeluarkan zakat barang temuan agar tidak dosa sesuai nilai fisik uangnya, bukan nilai nominalnya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Indonesia Pernah Mengeluarkan Uang Babi Tahun 1987"

Poskan Komentar