Informasi Penting Fakta dan Mitos Tentang Lemak Makanan Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak orang menganggap lemak sebagai biang keladi datangnya berbagai penyakit dan melonjaknya bobot tubuh. Karena itulah, lemak pun menjadi musuh utama dalam menu utama sehari-hari. Padahal, seperti protein, vitamin, dan zat gizi lainnya, lemak tak boleh dihindari. Karena, metabolisme tubuh manusia tetap membutuhkan cukup lemak setiap hari.

Berikut ini mitos-mitos tentang lemak yang sering disalah tafsirkan.

1. KATANYA KALAU MAU SEHAT MAKAN TELUR SETIAP HARI?

Memang benar, telur terutama bagian kuningnya, memang kaya akan vitamin B kompleks, asam amino esensial, serta mineral (besi, fosfor, dan sedikit kalsium), namun kandungan kolesterol dalam kuning telur sangat tinggi sehingga harus dibatasi penggunaannya.

CARA MAKAN YANG BENAR :
CUKUP 2 BUTIR TELUR PER MINGGU, CARA PENGOLAHAN TELUR YANG BAIK ADALAH DI REBUS. BARENGI DENGAN MENYANTAP SAYURAN.

2. JANGAN MINUM SUSU! BIKIN GEMUK!

Jangan begitu karena itu salah. Tanpa susu menu makanan sehari-hari anda menjadi kurang sempurna. Sebab tubuh memerlukan protein, vitamin A dan D, mineral kalsium dan energi yang terdapat dalam susu. Susu merupakan sumber kalsium yang tinggi, yaitu 116-290 mg per 100 gram susu.

BIAR MAK├ó€™NYUS CARANYA :
MINUMLAH SUSU SATU HARI SEKALI, WANITA DIBAWAH USIA 30 TAHUN DAPAT MENGONSUMSI SUSU FULL CREAM, UNTUK DIATAS 30 TH DISARANKAN MEMILIH SUSU YANG RENDAH LEMAK ATAU NON LEMAK.

3. KALO NUMIS/TUMIS PAKE MENTEGA AJA, BIAR SEHAT

Sebenarnya kandungan kolesterol dalam mentega lebih tinggi dibandingkan minyak goreng. Karena, mentega terbuat dari lemak hewan, sedang minyak goreng terbuat dari lemak nabati (tumbuhan). Sebagian besar kandungan lemak yang terdapat di dalam minyak goreng, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung, tergolong lemak baik.

BIAR TETEP SEHAT CARANYA :
MAKANAN YANG DIGORENG MENGANDUNG LEMAK LEBIH TINGGI DARI PADA MAKANAN YANG DI REBUS, DIKUKUS, DITUMIS JIKA INGIN DI TUMIS LEBIH BAIK PILIH MINYAK ZAITUN, MINYAK KEDELAI, MINYAK JAGUNG ATAU MARGARIN TERBUAT DARI LEMAK NABATI KETIMBANG MENTEGA.

4. JANGAN MAKAN ES KRIM! NANTI BERAT BADAN TIDAK SETABIL!

Asal anda tau setiap jenis es krim yang berbahan dasar susu memang mengandung lemak dan kolesterol dalam jumlah yang bervariasi. Namun es krim juga banyak mengandung zat gizi bermanfaat, seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium, besi, seng, iodium, protein, serta vitamin A, B, D dan E. Kalsium malah menekan kadar lemak dengan cara membantu memproduksi hormon yang bertugas menguraikan lemak dalam tubuh. Bila anda tidak suka minum susu, es krim dapat membantu anda untuk memenuhi zat gizi tersebut.

BIAR TETEP SEHAT :
ASALKAN TIDAK DIKONSUMSI DALAM JUMLAH BERLEBIH (CUKUP 1 SCOOP PER HARI), ES KRIM TIDAK AKAN BERAKIBAT BURUK BAGI KESEHATAN ANDA. NAMUN, APABILA ANDA INGIN MENJAGA BERAT BADAN, AGAR LEBIH AMAN, PILIHLAH ES KRIM RENDAH LEMAK (LOW FAT). JIKA INGIN LEBIH KENYANG, CAMPURLAH DENGAN ANEKA BUAH-BUAHAN.

5. KATANYA BIAR TIDAK GEMUK, JANGAN MAKAN AVOKAD (ALPUKAT)?

Avokad memang mengandung lemak. Namun, jenisnya bukan tergolong lemak jahat yang menggemukan dan membahayakan kesehatan. Sebagian besar avokat mengandung lemak tak jenuh tunggal oleat yang disebut pula dengan asam lemak omega-9. asam lemak ini justru mampu menurunkan kelebihan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein atau LDL) secara efektif.

Avokad juga kaya mineral kalium, yang berguna mengatur keseimbangan cairan sel, memelihara kontraksi sel otot, meredakan debar jantung, menurunkan tekanan darah, serta memelihara kesehatan sistem syaraf. Perpaduan antara omega9 ,serat, kalium membuat avokad mampu mencegah serangan stroke dan panyakit jantung. Avokad juga kaya akan vitamin E dan vitamin B.

NEH CARA MAKANNYA :
MAKANLAH AVOKAD TANPA TAMBAHAN SUSU KENTAL MANIS ATAU KRIM COKLAT, ATAU BISA JUGA DIJADIKAN PENGGANTI MENTEGA UNTUK OLESAN PADA ROTI.

6. KATANYA KALAU NGEMIL KACANG-KACANGAN MEMBUAT TUBUH MELAR?

Menurut penelitian dari Purdue University, Amerika Serikat, menyatakan, ngemil kacang-kacangan justru membuat perut kenyang lebih lama daripada ngemil makanan diet. Camilan berupa kacang (kacang kedelai, macadamia, almond, dan lainnya) dapat memberi rasa kenyang selama 2 jam. Sedang biskuit beras (dalam jumlah yang sama) hanya mengenyangkan selama 30 menit. lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan tergolong lemak baik, yaitu omega9 dan juga banyak mengandung vitamin B. Kacang macadamia lebih banyak mengandung omega9 di banding jenis yang lain. Kacang almond kaya akan vitamin E dan antin oksidan. Kacang hazelnut walnut mengandung asam amino arginine yang berguna memperlebar pembuluh darah arteri dan menurunkan tekanan darah sehingga berguna mencegah penyakit jantung.

MAKANNYA PERHATIIN NIH :
MENURUT PENELITIAN DI AMERIKA SERIKAT, NGEMIL KACANG-KACANGAN MINIMAL 5 KALI SEMINGGU (SEKITAR 50 GRAM) DAPAT MENURUNKAN RESIKO SERANGAN JANTUNG SEBESAR 25%-39%. SEBAIKNYA KACANG DIOLAH DENGAN CARA DIPANGGANG, BUKAN DIGORENG.

7. DAGING MERAH,BISA BIKIN GEMUK?

Yang benar begini, selain kaya protein, daging mengandung asam amino esensial yang penting bagi tubuh, yang tidak terdapat pada daging ayam atau ikan.

MAKANNYA KALAU MAU BELI DAGING :
PILIH DAGING YANG TIDAK BANYAK LEMAK, IMBANGI DENGAN MENGONSUMSI IKAN, LEMAK YANG TERDAPAT DALAM IKAN ADALAH ASAM LEMAK OMEGA3 YANG BAIK UNTUK MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG.

8. RESTORAN FASTFOOD ADALAH GUDANGNYA LEMAK?

Waduh-waduh......di tengah ritme kehidupan yang makin bergerak cepat, kebutuhan makanan siap saji tak terhindarkan. Di Jakarta sendiri restoran fastfood sudah sangat menjamur. Makan di restoran siap saji bukanlah pantangan, asal anda dapat memilih makanan yang tepat.

BIAR JANGAN BINGUNG :
PILIH MAKANAN YANG SEIMBANG ANTARA KARBOHIDRAT, PROTEIN, SAYUR, DAN BUAH. KEBAB (DAGING DAN SAYURAN YANG DI BUNGKUS KULIT DARI TEPUNG), BURGER IKAN, SANDWICH AYAM, SALAD SEAFOOD, ATAU SAYURAN TANPA DRESING, LEBIH AMAN UNTUK ANDA PILIH.

Oleh : ???

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Informasi Penting Fakta dan Mitos Tentang Lemak Makanan Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar