Jenis / Macam Alat Tulis yang Biasa Dipakai Menulis Setiap Hari

Kita sebagai manusia modern memiliki kebudayaan berupa tulisan yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dari manusia yang satu dengan manusia lainnya.  Tulisan harus ditulis dengan alat tulis agar bisa menimbulkan tulisan, kecuali media-media tertentu yang tidak membutuhkan alat tulis.  Ada banyak alat tulis yang dapat kita gunakan menulis dalam kehidupan kita sehari-hari.  Beberapa macam ragam alat tulis di antaranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

1. Pensil (Pencil)

Pensil adalah suatu alat tulis yang menggunakan grafit yang dibungkus oleh kayu untuk menjaga agar grafit tidak mudah patah saat dituliskan pada media tulisnya.  Pada mulanya pensil tidak bisa digunakan karena grafitnya masil terselubung di balik kayunya.  Oleh sebab itu pensil yang baru harus diraut terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menulis.  Kelemahan pensil kayu adalah butuh diraut berkali-kali dan gratifnya yang berada di dalam lapisan kayu bisa patah-patah jika pensilnya terjatuh.  Pensil zaman sekarang yaitu pensil mekanik, isi pensilnya atau grafitnya bisa dibungkus oleh plastik, logam, dan lain sebagainya dengan tambahan suatu mekanisme tertentu sehingga bisa digunakan tanpa harus diraut sama sekali.

2. Pulpen (Ball Point)

Pulpen adalah suatu alat tulis yang menggunakan tinta yang dialirkan ke bola pada pipa yang berujung runcing.  Pulpen banyak digunakan oleh masyarakat kita dalam kehidupan sehari-hari.  Pulpen tidak butuh diraut seperti halnya pada pensil dan juga hasil tulisannya sulit untuk dihapus.  Namun pada umumnya pulpen mudah macet apabila bagian bolanya rusak atau karena pada saat menulis diarahkan ke atas yang berlawanan dengan arah gravitasi.  Tinta pulpen biasanya sangat irit sehingga dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama.  Jika tintanya habis pun biasanya bisa diganti dengan isi pulpen yang baru (tinta refill / tinta isi ulang).

3. Kapur Tulis (Chalk)

Kapur adalah suatu alat tulis yang terbuat dari bahan kalsium karbonat yang dibentuk menjadi batangan-batangan kecil yang pas dengan jari-jemari manusia.  Kapur tulis biasanya digunakan untuk menulis di papan tulis kasar berwarna gelap seperti hitam, hijau tua, dan lain sebagainya.  Kapur tulis menghasilkan tulisan dengan menggoreskan kapur pada media tulis sehingga kapur yang tertinggal di media tulis akan terlihat oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.  Kelemahan kapur tulis adalah debunya yang cukup banyak sehingga tidak baik untuk kesehatan pernapasan kita.  Saat ini kapur tulis sudah mulai digantikan oleh spidol yang tidak permanen dengan media tulisnya berupa papan tulis white board.

4. Spidol (Marker)

Spidol adalah suatu alat tulis yang menggunakan tinta cair yang disimpan dalam suatu bahan padat yang dapat menyimpan cairan dan menyalurkannya ke bahan padat runcing yang terdapat di ujung spidol.  Spidol biasanya memiliki hasil goresan yang tebal sehingga tidak cocok untuk digunakan untuk menulis di buku tulis.  Kekurangan dari spidol adalah tintanya yang dapat mengering jika spidol tidak lekas ditutup setelah digunakan beraktifitas.  Oleh sebab itu spidol harus segera ditutup setelah selesai dipakai agar bisa digunakan lagi di kemudian hari.  Ada banyak jenis atau macam spidol, seperti spidol kecil, spidol besar permanen, spidol besar non permanen (untuk papan tulis white board), spidol warna, dan lain sebagainya.

Apabila ada tambahan mohon anda tambahkan melalui fasilitas komentar di bawah ini.  Terima kasih banyak atas kedatangan anda di website sederhana ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jenis / Macam Alat Tulis yang Biasa Dipakai Menulis Setiap Hari"

Posting Komentar