Kebiasaan Buruk/Efek Negatif Manusia Yang Disebabkan Handphone/HP/Ponsel

Perkembangan teknologi dalam bidang telekomunikasi menciptakan berbagai efek negatif yang semakin lama semakin mengkhawatirkan. Berbeda sekali dengan jaman dahulu kala ketika belum ada telepon nirkabel. Banyak kebiasaan-kebiasaan buruk baru manusia timbul setelah menggunakan handphone untuk memenuhi kebutuhan komunikasi jarak jauh.

Berikut ini adalah beberapa perilaku/kebiasaan buruk baru yang ditimbulkan oleh pemakaian handphone/ponsel secara berlebihan :

1. Ngerumpi Lewat BBM, YM, Chatting, Dll

Komunikasi tidak lagi sebatas yang perlu-perlu saja, namun sudah berkembang menjadi hal-hal yang tidak perlu. Akibat tarif sms, telepon suara dan akses data yang murah mengakibatkan orang-orang menggunakan handphone tidak seperlunya saja, namun menjadi sampai puas atau sampai habis pulsa tertentu.

2. Boros Pulsa dan Biaya Berlangganan Akses Internet

Dari yang biasanya habis pulsa lima puluh ribu perbulan menjadi lebih dari seratus ribu rupiah agar bisa menikmati akses internet dan akses jejaring sosial tanpa batas pemakaian. Hp yang dipakai pun semakin canggih dan semakin sering diisi batrenya sehingga akan lebih boros listrik.

3. Terlihat Kurang Bergairah Jika Lupa Membawa Hape

Coba bayangkan ketika kita lupa bawa hp ke kantor, sekolah atau kampus seperti apa rasanya? Yang pasti akan merasa seperti ada sesuatu yang hilang dan kita seakan-akan kembali ke masa lalu. Itu berarti tanda-tandanya seseorang sudah kecanduan handphone.

4. Kurang Melihat Yang Jauh-Jauh

Karena terlalu sering melihat ke arah hp maka otomatis mata kita jadi kurang melihat ke arah yang jauh-jauh dan dalam jangka panjang hal ini bisa mengakibatkan cacat mata dalam bentuk rabun jauh. Untuk mengatasinya pun seseorang terpaksa memakai kacamata agar bisa melihat dengan jelas di kejauhan sana.

5. Kurang Konsentrasi di Dunia Nyata

Sudah sering kita mendengar seseorang kehilangan konsentrasi sehingga terjadi kecelakaan fatal pada dirinya. Seseorang yang sedang asyik bertelepon ria atau mendengar musik mungkin akan kurang awas dalam melakukan aktivitas lainnya. Pengguna berat handphone pun terkadang jadi terbiasa melihat ke arah hapenya dalam keadaan serius maupun di saat senggang.

6. Muncul Sifat Gengsi dan Pamer

Hanphone bisa menunjukkan status sosial seseorang sehingga banyak orang yang terkena jebakan gengsi handset. Seseorang yang mamakai hp lama umumnya akan jadi merasa malu dan minder jika orang-orang di sekitarnya sudah memakai handphone yang canggih-canggih. Seseorang pun akan merasa sangat bangga ketika memiliki hp baru, mahal dan canggih yang belum banyak dimiliki orang-orang.

7. Mengunakan Handphone Saat Berkendara

Walaupun sudah dilarang keras menyetir mobil dan sepeda motor sambil menggunakan handphone, tetap saja masih banyak orang yang membandel tidak mau diatur. Hasilnya bisa kita tebak yaitu angka kecelakaan akibat berhandphone ria ketika membawa mobil atau motor kemungkina nantinya akan semakin tinggi.

8. Terlalu Terbuka di Dunia Online

memanfaatkan henpon untuk berbagi dan mencurahkan segala isi perasaan di jiwa sangat tidak baik bagi keamanan diri sendiri dan orang lain. Tidak jarang seseorang secara tidak sadar menyebarkan aib sendiri atau orang lain yang berujung pada masalah dan penyesalan. Gunakanlah hendphon untuk berkomunikasi dan hindari untuk tujuan untuk menunjukkan siapa diri kita seutuhnya karena dunia online tidak menjamin kerahasiaan dalam bentuk apapun.

9. Malas Bertemu Tatap Muka Secara Langsung

Jika dulu orang harus datang bertemu langsung agar bisa puas berbincang-bindang serta melepas rindu, kini semua itu tergeser oleh keberadaan handphone. Silaturahmi tetap tidak dapat digantikan sms atau telepon singkat. Dengan begitu hubungan sosial antar manusia jadi agak merenggang.

10. Melakukan Tindakan Kriminal dan Perbuatan Dosa

Tanpa seizin pemilik hak cipta, orang-orang banyak yang tanpa merasa berdosa mengopi file-file musik, game, video, aplikasi dan lan sebagainya ke dalam hapenya. Selain itu tidak jarang orang saling berbagai gambar-gambar foto atau rekaman video porno yang dilarang agama.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kebiasaan Buruk/Efek Negatif Manusia Yang Disebabkan Handphone/HP/Ponsel"

Posting Komentar