Kegiatan/Hal Yang Membuang Energi & Cara Meningkatkan Energi Tubuh Kita

Manusia butuh energi untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari baik yang berat maupun yang ringan sekalipun. Tanpa energi tubuh akan lemah tidak berdaya dan tidak akan mempu melakukan kegiatan apa pun, dan jika dibiarkan begitu bisa mati.

Untuk meningkatkan energi bisa dilakukan dengan melakukan berbagai aktivitas positif dan membangun seperti refreshing, pijat/refleksi, bersenang-senang dengan keluarga, pacaran sehat, bersenda gurau dengan kawan, bersyukur, berdoa, makan makanan sehat, dan lain sebagainya asal tidak kelewat aktif sehingga maah bisa menguras energi.

Hal-Hal Yang Dapat Mengurangi / Menguras Energi :

1. Kurang Tidur / Istirahat

Rata-rata tubuh manusia butuh waktu untuk tidur sekitar 8 jam. Jika kita kurang tidur akibat begadang, biasanya tubuh akan lemah dan kesadaran menurun drastis karena mengantuk berat.

2. Kurang Gizi

Orang yang kekurangan gizi karena kurang makan dan minum yang mengandung gizi yang cukup dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi dan pertumbuhan tubuh tidak normal.

3. Kurang Minum Air / Dehidrasi

Jika kurang dari 8 gelas perhari maka tubuh bisa terasa lemas. Racun yang ada di dalam tubuh akan tertimbun tidak bisa keluar lewat buang air. Penyakit diare yang terkenal membuat badan lemah pun bisa didapat.

4. Tidak Melakukan Olahraga Yang Cukup

Jarang olahraga bisa membuat tubuh kekurangan energi. Di samping itu terlalu banyak olahraga berat pun bisa mengurangi energi yang kita miliki. Oleh sebab itu olahraga yang cukup, wajar, dan rutin akan membantu tubuh cukup energi.

5. Melakukan Aktivitas Yang Tidak Berguna

Aktivitas yang tidak perlu dilakukan sebaiknya tidak dilakukan seperti begadang, jalan-jalan terlalu sering di mall, terlalu banyak bermain, dan lain sebagainya.

6. Banyak Pikiran / Berpikir

Otak juga butuh energi untuk berfikir. Terlalu banyak mikir tanpa energi yang cukup akan membuat otak tekor. Hindari terlalu banyak berpikir keras yang tidak perlu tanpa gizi dan energi yang cukup. Stress, mikirin pacar, mikirin anak, pura-pura dan sebagainya yang berlebihan bisa menguras energi kita.

7. Terlalu Mengandalkan Gula

Gula bahan seperti gula pasir, gula bubuk, dan sebagainya di dalam makanan dan minuman kita hanya memberikan energi singkat sehingga tidak lama kemudian bisa lemas kembali. Makanlah makanan yang berserat dan mengandung karbohidrat kompleks agar energi bisa didapat untuk waktu yang lebih panjang.

Sekian Terima Kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kegiatan/Hal Yang Membuang Energi & Cara Meningkatkan Energi Tubuh Kita"

Posting Komentar