Kekurangan Motor Matic Sebagai Kendaraan Mudik/Pulang Kampung

Perjalanan mudik adalah perjalanan jarak jauh yang jaraknya bisa mencapai lebih dari 100 kilometer jauhnya.  Dalam melakukan perjalanan ke kampung halaman hendaknya pemudik memilih untuk menggunakan kendaraan yang memang benar-benar cocok untuk digunakan sebagai kendaraan tempuh jarak jauh.  Jika salah memilih kendaraan maka bukan hanya bisa mengalami masalah teknis saja di perjalanan, namun juga bisa mendapatkan celaka akibat ketidaksesuaian antara kendaraan yang digunakan dengan medan yang harus dilalui dalam perjalanan jarak jauh.

Salah satu pilihan para pemudik dalam melaksanakan kegiatan pulang kampung adalah sepeda motor.  Sepeda motor saat ini umumnya terbagi atas dua jenis yaitu sepeda motor gigi dan sepeda motor matic (metik).  Sepeda motor matic banyak digunakan sebagai kendaan mudik pada umumnya karena lebih hemat bahan bakar, tidak perlu oper gigi, dan juga mampu lebih cepat sampai di tempat tujuan dibandingkan dengan mobil dan bus pada saat musim mudik.

Namun di balik kemudahan terdapat kelemahan atau kekurangan pada sepeda motor otomatis alias matic sebagai berikut di bawah ini.

Kelemahan / Kekurangan Sepeda Motor Matic Untuk Pulang Kampung / Mudik :

1. Ukuran Ban Kecil

Sepeda motor matic pada umumnya menggunakan ban ukuran yang lebih kecil daripada motor bebek atau motor laki.  Jika dipacu dengan kecepatan tinggi di atas 60 km/jam maka apabila tiba-tiba ada lubang dan ingin menghindarinya maka bisa terpelanting dan akhirnya bisa terjatuh.

2. Rem yang Tidak Spontan

Sistem pengereman pada sepeda motor matic sifatnya tidak spontanitas sehingga sangat berbahaya apabila harus melakukan pengereman yang mendadak selama dalam perjalanan di jalan raya yang jarang dilewati.  Ditambah lagi dengan kapasitas mesin motor matic yang besar yaitu di atas 100 cc yang bisa mempersulit pengereman mendadak saat melaju dengan kecepatan yang sangat cepat.

---

Dari kedua hal itulah maka hendaknya para pemudik tidak memilih sepeda motor matic sebagai kendaraan untuk mudik / pulang kampung karena bisa membahayakan keselamatan jiwa dan raga orang yang mengendarainya.  Selain itu dihimbau agar para pemudik motor untuk menggunakan sepeda motor matic yang menggunakan ban besar dan rem spontan original (bukan hasil modifikasi) sehingga kendaraan matic yang digunakannya bisa memenuhi syarat yang dibutuhkan untuk mudik.  Semoga bermanfaat untuk kita semua, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kekurangan Motor Matic Sebagai Kendaraan Mudik/Pulang Kampung"

Poskan Komentar