Kelebihan dan Manfaat Sholat di Awal Waktu Berjamaah

Sholat lima waktu adalah kewajiban setiap muslim yang mengaku beriman kepada Allah SWT.  Orang Islam wajib menjalankan ibadah sholat wajib shubuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya setiap hari kecuali bagi orang-orang yang memang berhalangan.  Bagi laki-laki, sholat lima waktu di masjid di awal waktu merupakan ibadah yang sangat utama dan mungkin bisa jadi adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan.  Ada banyak kelebihan atau manfaat yang bisa didapatkan oleh orang-orang yang menjaga sholat lima waktu di awal waktu di masjid secara berjamaah.

Beberapa Manfaat / Kelebihan Sholat Berjama'ah di Awal Waktu di Masjid / Musholla :

1. Bebas Perasaan Was-Was

Orang yang suka menunda-nunda waktu sholat wajib akan selalu dibayang-bayangi kewajibannya untuk sholat menghadap Allah SWT Yang Maha Kuasa.  Hidup pun menjadi tidak tenang dan nyaman karena ada sesuatu yang harus dikerjakan terus-menerus yang tidak boleh sampai terlewatkan.  Terlebih lagi jika sholat wajib sampai terlewatkan tanpa disengaja karena terlalu menunda-nunda waktu sholat sampai ke akhir waktu.  Sudah pasti akan muncul suatu perasaan yang sangat tidak menyenangkan karena rasa bersalah tidak menjalankan perintah Tuhannya sebagai mana mestinya.

2. Mendapat Banyak Pahala

Pahala yang didapat oleh orang yang Sholat wajib di awal waktu secara berjamaah di masjid atau musholla jauh lebih besar daripada orang yang sholat sendirian (munfarid).  Bahkan sholat malam seperti sholat shubuh dan isya mungkin bisa lebih besar lagi pahala yang didapat.

3. Saling Menyempurnakan Sholat

Antara imam sholat dan makmum sholat mungkin bisa sama-sama saling menyempurnakan sholat yang dilakukan secara berjamaah bersama-sama.  Kekurangan yang ada pada seorang peserta sholat wajib secara jama'ah bisa diperbaiki oleh peserta sholat lainnya, baik imam maupun makmum.

4. Tidak Perlu Mengingat Jumlah Rokaat (Makmum)

Orang yang terbiasa lupa jumlah rokaat, jumlah sujud, jumlah bacaan, dan lain sebagainya bisa terbantu dengan menjadi makmum sholat berjamaan di awal waktu di mushola atau di masjid.  Tentu saja orang yang mudah lupa sebaiknya tidak sholat di belakang imam persis.  Pilih tempat sholat di sebelah kiri atau kanan shaf pada shof pertama atau di belakang shaf pertama.

5. Bersosialisasi dengan Banyak Orang

Jika rajin sholat di masjid atau mushola di dekat rumah atau tempat tinggal kita dapat mempererat hubungan sosial kemasyarakatan dengan jamaah yang lainnya.  Sempatkanlah menyapa, memberi senyum, dan memberikan pertanyaan basa-basi standar kepada jamaah yang lainnya.  Hubungan sosial dengan sesama jama'ah akan dapat terjalin lebih erat lagi jika ikut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh masjid atau musholla.

---

Ada masih banyak lagi kebaikan lainnya yang dapat kita raih apabila kita rajin melaksanakan sholat lima waktu di masjid atau mushola.  Silahkan menambahkan kebaikan lainnya di kolom komentar di bawah ini.  Mudah-mudahan tulisan singkat mengenai kebaikan, kelebihan atua manfaat sholat berjamaah di awal waktu ini bisa memberikan kegunaan yang positif kepada kita semua.  Terima kasih atas kunjungan dan perhatian anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kelebihan dan Manfaat Sholat di Awal Waktu Berjamaah"

Poskan Komentar