Kiat/Tips Cara Istiqamah Dan Hambatan/Penghalang Istikomah

Istiqamah berarti adalah tetap teguh berada di atas jalan yang lurus atau konsisten di atas sebuah kebenaran, baik berupa keyakinan maupun sebuah amalan. Adapun kiat untuk meraih istiqomah di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Ilmu yang Nafi' (Ilmu yag bermanfaat)
Ilmu yang bermanfaat menjadikan orang yang beramal bertambah yakin dan kokoh dalam mempertahankan amalnya.

2. Tamassuk Bil Quran wassunnah (berpegang teguh dengan Al Quran dan As-Sunah).

3. Beramal secara pertengahan Tidak berlebihan.
Orang yang beramal secara pertengahan akan mengukur kemampuan dirinya, dan dengan berlebihan menyebabkan kebosanan dan pada akhirnya dapat meninggalkan kebaikan itu.

4. Shuhbah shalihah (teman/ lingkungan yang baik)
komunitas yang baik mampu mendukung keteguhan dalam beramal dan beragama..

5. Do'a kepada Allah
Contoh: "Ya Muqallibal Qulub.. Tsabbit Qalbi 'alaa diinika"
(Wahai yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah aku dalam agama-Mu)

PENGHALANG ISTIQAMAH :

1. Iblis
Iblis diberi umur panjang sehingga mereka berusaha menggunakan umur dan kesempatannya untuk menyesatkan manusia.
Cara iblis menjaring manusia yaitu dengan menggiring manusia agar melakukan dosa mulai tingkat terbesar hingga yang lebih ringan, yaitu dengan: Kufur dan Musyrik/ syirik, Bid'ah (mengada-ada perkara baru dalam urusan agama), dosa-dosa besar, dosa-dosa kecil, mengamalkan yang kurang utama meninggalkan yang lebih utama, dan seterusnya..
Maka kita berlindung kepada Allah dari jeratan iblis dan Syaitan.

2. Teman yang jelek
Teman yang jelek sangat jelas pengaruhnya. Berapa banyak orang yang tadinya memiiki jiwa yang lurus, namun akibat salah pergaulan dan salah "memilih" lingkungan hidup, tiba-tiba saja telah berubah menjadi jauh sekali. Maka lihatlah siapa teman dan lingkungan hidup Anda.

3 Hawa Nafsu:
Orang yang memperturutkan hawa nafsu akan sulit teguh di atas agama, ditambah kebiasaan menunda2, panjang angan-angan, dll

4. Terhempas dalam Fitnah (cobaan):
Fitnah syahwat maupun syubhat (kesesatan). Maksudya jika seseorang telah terhempas atau terjerumus dalam suatu fitnah (cobaan), misalnya fitnah syahwat dengan, kadang menjadikan orang yang dahulunya rajin dalam ilmu maupun amal tiba-tiba menghilang begitu saja.

5. Tidak Sabar
Tiadanya kesabaran seseorang juga bias menyebabkan orang tidak istiqamah, hal itu karena ia merasa berat denan cobaan itu dan pada akhirnya menyerah sebelum maksimal dalam memperjuangkan kesabaran itu.

Itulah beberapa kiat menjadi istiqamah beserta perkara yang dapat menjadi penghalag kita bisa istiqamah. semoga ita mampu mengabil pelajaran, dan Allah membimbing kita berada di atas jalan yang benar dan lurus. Wallahu A'lam.

Jika ada saran dan nasehat silakan posting ke : roychan_19atyahoo.co.id

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kiat/Tips Cara Istiqamah Dan Hambatan/Penghalang Istikomah"

Posting Komentar