Terbaru :
Home » , , , , » Makalah Dasar-Dasar Bisnis Proses Produksi (Tas Elizabeth & UD Maju Bersama)

Makalah Dasar-Dasar Bisnis Proses Produksi (Tas Elizabeth & UD Maju Bersama)

Oleh godam64 pada 10 Desember 2008 | 07:10

MAKALAH DASAR-DASAR BISNIS
PRAKTIKUM MK. DASAR-DASAR BISNIS

Oleh : Kelompok 15 : Molen Arab
Anggota Kelompok : Hemmud Farchan Ibnu Hasan (H34070019), Tri Setiawati (H34070098), Shinta Kurniawati (H34070030), Cintya H. Sinaga (H34070102), Adi Febrian (H34070072)

Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor

Dosen Praktikum : Feriyanto W. Karo karo
Hari / Tanggal : Sabtu, 3 Desember 2008
Praktikum : Dasar-Dasar Bisnis
Ruang :

I. PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

Sistem adalah sekumpulan bagian-bagian yang saling berhubungan dengan satu sama lain, dan bersama-sama beraksi menurut pola tertentu terhadap input dengan tujuan menghasilkan output. Sistem produksi yaitu sekumpulan sub-sistem yang terdiri dari pengambilan keputusan, kegiatan, pembatasan, pengendalian dan rencana yang memungkinkan berlangsungnya perubahan input menjadi output melalui proses produksi. Sedangkan sub-sistem yang terlibat dalam kegiatan produksi adalah: subsistem input, subsistem output, subsistem perencanaan dan subsistem pengendalian.

Dengan tingginya tingkat konsumsi masyarakat di Negara kita yang dari tahun ketahun terus bertambah akan permintaan barang jadi. Produk-produk yang siap konsumsi atau barang jadi menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Didorong juga dengan Berbagai Sumber Daya Alam (SDM) yang tersedia di Negara kita merupakan salah satu faktor terpenting dalam pengembangan usaha manufaktur. Menyikapi hal tersebut maka diperlukan peran dari berbagai pihak untuk pengembangan usaha manufaktur di Indonesia.

II. PEMBAHASAN

II.1 Perusahaan Skala Besar
Elizabeth merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi sepatu dan tas yang berloksi di daerah bandung tepatnya di Jalan Otto Iskandardinata, Bandung. Perusahaan ini mempunyai cabang Jalan Cihampelas dan Jalan Ibu Inggit Garnasih Bandung. Nama perusahaannya bernama Elizabeth diambil dari nama istri si pemilik perusahaan. Dalam perencanaannya perusahaan ini memiliki perencanaan yang benar-benar matang yaitu untuk menjadi perusahaan ternama bukan saja berkelas Nasional tetapi juga berkelas internasional

Bahan baku untuk produk sepatu dan tas yang berasal dari kulit binatang dan karet diperoleh dari pasokan industri garmen yang ada dikawasan purwakarta hal ini menunjukan ketersediaan bahan baku yang tidak terlalu sulit dan jauh dari perusahaan. Tenaga kerja yang digunakan dalam memproduksi produknya yaitu tenaga kerja wanita yang sebagian besar berasal dari daerah bandung. Teknologi yang digunakannya pun cukup mutakhir sehingga barang yang dihasilkan mampu bersaing dalam kanca Internasional.

Pengolahan bahan baku untuk dijadikan sepatu dan tas memerlukan waktu yang cukup singkat. Hal ini didukung dengan penggunaan teknologi yang canggih dan tenaga kerja yang trampil dan kreatif dalam produksi sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi secara efisien dan efektif.

Kemasan yang unik dan menarik dalam pengemasan produknya juga menjadi kelebihan dan daya tarik tersendiri akan kualitas barang hasil produksinya sehingga mampu menembus pasaran Internasional seperti Hong Kong, Singapura, Belanda, Arab Saudi, Jepang, Jerman, Malaysia, Kuwait, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.

II.2 Perusahaan Skala Kecil
Perusahaan UD Maju Bersama adalah perusahaan dengan skala kecil yang sudah berdiri selama 15 tahun. Perusahaan ini bergerak di bidang Food Packaging. Produk-produk yang dijualnya berkaitan dengan pembungkus makanan dan kue baik itu terbuat dari plastik maupun kertas, selain itu perusahaan UD Maju Bersama juga menyediakan segala jenis alat-alat untuk keperluan restoran, toko kue, toko bahan kue, dan toko plastik.

Perusahaan yang terletak dikawasan jakarta barat ini memroduksi berbagai pembungkus dengan menggunakan bahan baku dari kertas dan plastik yang dibeli dari pasar yang ada dikawasan jakarta barat. Teknologi yang digunakanpun hanya teknologi sederhana yang membutuhkan keterampilan tenaga kerjanya. Perusahaan ini menyerap tenaga kerja dari ibu-ibu rumah tangga yang ada di sekitar perusahaan. Produk yang dihasilkan hanya untuk memenuhi kebutuhan kawasan jakarta barat, jakarta timur dan sebagian jawa barat saja karena produk yang dihasilkan masih relatif sedikit.

II.3 Analisis Produk

A. Label Produk
Begitu produksinya jadi pilihan pasar, merek pun ditempelkan. Handoko bernama asli Lie Koen Poe, memakai nama istrinya sendiri, Elizabeth, untuk produksi tas tersebut. Pada 1 Januari 1968 nama itu didaftarkan sebagai merek dagang pada Direktorat Jenderal Hak Cipta, Paten dan Merk, Departemen Hukum dan HAM sedangkan untuk perusahaan UD Maju Bersama label produk yang digunakan masih menggunakan label produk yang belum terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Cipta, Paten dan Merk, Departemen Hukum dan HAM.

B. Kualitas dan Analisi Produk
Selain karena desainnya kreatif, kualitas dan jenis bahan serta mutu jahitannya juga terpelihara. Lagi pula, tas harga made in Elizabeth terbilang terjangkau, antara Rp 20.000 hingga Rp 200.000. seperti ditirukan Dinny Nurhayati, Public Relations Elizabeth. Kiat Elizabeth mempertahankan kualiatas cukup unik. Selain mendesain sendiri, ia juga bertindak sebagai tester. Mengikuti selera kaum hawa yang doyan mengikuti perkembangan, ia memilih sendiri bahan yang enak dan nyaman dipakai. Karena tiap produksinya dipersepsikan untuk dipakai sendiri,maka sebelum diluncurkan ke pasar Elizabeth terlebih dahulu memakai sendiri. Elizabeth agaknya sukses dengan prinsip itu. Ia pun mampu berkembang di tengah persaingan pasar tas yang makin ramai. Baik produksi dalam negeri maupun tas-tas produk impor yang kini membanjiri pasar sedangkan untuk UD Maju Bersama kualitas yang dihasilkan dari produknya hanya standar kualitas dalam negeri saja.

C. Kesesuaian Harga
Harga Produk tas dan Sepatu dari perusahaan Elizabeth sangat bersaing dengan desainnya kreatif, kualitas dan jenis bahan serta mutu jahitannya juga terpelihara. Lagi pula, tas harga made in Elizabeth terbilang terjangkau, antara Rp 20.000 hingga Rp 200.000. sehingga semia kalangan dapat menjangkaunya baik dari kalangan kecil menengah bisa menikmati produk dari perusahaan ini.
Harga yang dipasang oleh UD Maju Bersama relatif murah dan terjangkau yaitu antara Rp. 10.000/paks hingga 25.000/paks sehingga penjualannya pun masuh dalam partai kecil.

D. Promosi
Promosi yang digunakan untuk memasarkan produk ini salah satunya dengan promosi lewat jalur Internet dengan target pasar sampai keluar negeri baik yang memasangkan sebagian harga barang yang dijual beserta foto-foto contoh dari produk yang akan di pasarkan dengan kualitas expor, perusahaan ini juga menerima orderan tas dan sepatu yang ingin dibuat atau diambil dari yang sudah ada, promosi yang digunakan lagi adalah dengan memasang iklan-iklan ke media lokal karena biaya promosi lebih murah. Promosi yang dilakukan oleh UD Maju Bersama hanya melalui surat kabar, iklan baris internet dan dari mulut ke mulut.

E. Distribusi
Untuk memenuhi toko dan pesanan, akhirnya Elizabeth membangun sebuah pabrik di kawasan Kopo, Bandung, dengan ratusan karyawan. Maka, selain membuka 20 gerai di tujuh provinsi di Tanah Air, sekitar 5.000 desain Elizabbeth kemudian merambah ke pasar Hong Kong, Singapura, Belanda, Arab Saudi, Jepang, Jerman, Malaysia, Kuwait, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.
Distribusi dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan UD Maju Bersama hanya di distribusikan dikawasan pasar sekitar perusahaannya saja.

F. Prospek
Prospek perusahaan Elizabeth ini memiliki prospek lebih besar lagi kalau perekonomian yang ada di indonesia lebih baik dari sekarang yang agak sulit untuk menexpor barang keluar negeri namun pasar dalam negeri lebih terbuka lebar untuk produk-produk dari perusahaan Elizaberth karena tas dan sepatu produksi Elizabeth digemari ibu-ibu dan remaja putri kalangan menengah atas yang merupakan target pasar yang sangat potensial.
Prospek dari perusahaan berkelas UD Maju Bersama sangat besar untuk dikembangkan menjadi perusahaan berskala besar asalkan modal serta teknologinya memadai.

II.4 Perbedaan Antara Perusahan Skala Kecil Dan Skala Besar

Dari analisi diatas dapat kita ketahui bahwa sistem produksi yang terdapat didalam perusahaan berskala besar dan berskala kecil berbeda itu terlihat dari kuantitas dan kualitas dari produknya. sumber daya (tenaga kerja, modal, bahan baku/mentah) yang digunakan dalam memproduksi produknya, teknologi yang digunakannya, pendistribusian produk hasil produksinya dan promosi yang dilakukan atas produknya. Dari perbedaan-perbedaan tersebut dapat diketahui kelemahan dan kelebihan dari masing-masing perusahaan tersebut.

III. PENUTUP

III.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa peluang yang terdapat dalam perusahaan manufaktur berskala kecil maupun besar mempunyai prospek yang baik untuk dijalankan. Perbedaan-perbedaan yang terdapat dikeduanya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Misalnya saja meskipun dalam perusahaan besar memiliki profit yang sangat besar namun dalam perusahaan berskala besar memerlukan modal yang cukup besar dan mempunyai kendala-kendala dalam pendistribusiannya karena harus melalui lembaga pemerintah.

III.2 Saran
Menurut saya perusahan baik UD Maju Bersama maupun perusahaan Elizaberth sangat potensial untuk dijalankan karena permintaan pasar akan produk yang dihasilkan sangat tinggi. Untuk perusahaan Elizaberth berpotensi dalam pasar lokal maupun pasar luar negeri baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah yang masih bisa menjagkau harga produk yang di tawarkan oleh perusahaan ini dan perusahan ini masih harus mengembangkan sayapnya dengan mebuka cabang lagi di luar Negeri karena sudah sudah banyak mengexpor keluar negeri yang merupakan potensi pasar yang sangat tinggi untuk di gali dan memperoleh keutungan yang lebih besar dari yang sekarang.

Daftar pustaka

http://www.google.com/search?hl=en&q=GUDANG+LAPORAN+&btnG=Search
http://foodpackaging.indonetwork.co.id/profile/maju-bersama.htm
http://gudanglaporan.blogspot.com/2008/09/sistem-manufaktur.html
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger