Manfaat Minum Jus Buah Dan Sayur-Sayuran - Kandungan Gizi Juice Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Juice atau jus adalah sayur-sayuran atau buah-buahan yang dilumatkan dengan tangan maupun mesin menjadi cairan yang berisi saripati untuk diminum dan umumnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini merupakan manfaat dari mengkonsumsi jus buah dan sayur segar yang dijus, yaitu :

1. Mengandung enzim yang penting untuk sistem saluran pencernaan dan sistem penyerapan gizi yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

2. Mengandung protein, vitamin, mineral, asam lemak esensial, karbohidrat, dsb yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh kita.

3. Kaya akan kandungan potasium dan sedikit kandungan sodium untuk mencegah kanker serta menjaga kesehatan pembuluh darah jantung.

4. Kandungan karoten dari jus sayur-mayur dan buah-buahan yang berwarna kuning, ungu, merah dan hijau yang berfungsi sebagai anti oksidan kuat yang melawan pertumbuhan sel kanker dan menangkal radikal bebas.

5. Adanya kandungan flavonoid di dalam buah dan sayur bermanfaat untuk menghalau zat potensial penyebab kanker. Juga berfungsi sebagai antivirus, antialergi, antiperadangan, antialergi, dll.

6. Beberapa Kandungan khusus pada buah dan sayur tertentu :
- Asam elagik pada stroberi bermanfaat untuk antikanker.
- Zat proanthocyanidin pada kranberi berguna untuk menurunkan resiko infeksi saluran kemih.
- Likopen pada tomat berfungsi untuk antioksidan yang menurunkan resiko terkena kanker prostat.
- Bromelain pada nanas memiliki kegunaan untuk meminimalisir artritis, mencegah bengkak, mengurangi sinusitis, mengurangi nyeri tenggorokan, menurunkan nafsu makan, dll
- Bioflavonoid dalam buah tomat memiliki manfaat dalam memperkuat pembuluh kapiler dan mencegah selulit.

Untuk manfaat jus yang maksimal sebaiknya kita sendirilah yang membuat juice sayur dan buah. Disamping akan terjamin kebersihannya, lebih segar, terjaga gizi nutrisi dan bebas dari zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, juga jus tersebut akan sesuai dengan selera kita. Dengan sering melakukan inovasi maka bukan tidak mungkun kita bisa menemukan berbagai resep jus baru yang benar-benar enak menurut lidah kita.

Buah dan sayur yang dibuat jus / dijus memiliki keunggulan dan keuntungan yang tidak bisa kita dapatkan dari memakan buah dan sayur langsung tanpa dijus, yakni :

- Gizi dan Nutrisi mudah diserap oleh sistem pencernaan makanan dan minuman.
- Karena cepat dan mudah diserap maka energi tubuh terjaga sehingga selalu fit dan jarang jatuh sakit.
- Juss mengandung gizi yang lengkap dan cukup asal buah dan sayurnya berubah-ubah tidak monoton.
- Bebas dari kandungan flouride dan klorin yang baik untuk tubuh.
- Jus butuh energi yang sedikit untuk bisa dicerna dan cepat menghasilkan energi.
- Mengandung vitamin, enzim, mineral, asam lemak esensial, asam lemak linoleik dan asam lemak linolenik yang sangat menyehatkan dan baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Manfaat Minum Jus Buah Dan Sayur-Sayuran - Kandungan Gizi Juice Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

Posting Komentar