Nama Buah yang Perlu Dicuci Sebelum Dimakan dan yang Bisa Langsung Dikonsumsi

Makan buah-buahan adalah suatu hal yang menyehatkan tubuh kita, karena di dalam buah terdapat gizi yang baik untuk tubuh kita. Buah bisa dimakan langsung atau pun diolah terlebih dahulu untuk menghasilkan suatu makanan atau minuman tertentu. Buah termasuk dalam menu makanan empat sehat lima sempurna di samping nasi, lauk pauk, sayur mayur dan susu. Namun tidak semua buah bisa dimakan karena ada banyak juga yang beracun atau rasanya tidak enak.

Dari begitu banyak buah yang ada di dunia ini ada buah-buahan yang perlu kita cuci bersih dulu sebelum kita makan. Fungsi atau manfaat dari mencuci buah sebelum dimakan adalah untuk membersihkan kotoran maupun bahan kimia yang menempel pada kulit buah. Apabila kotoran-kotoran tersebut masuk ke dalam perut dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan pencernaan, keracunan, dan gangguan kesehatan lainnya. Sebagian buah ada yang bisa dimakan kulitnya walaupun secara umum tidak dianggap sebagai sesuatu yang biasa dimakan oleh masyarakat seperti kulit pisang, kulit pepaya, kulit mangga, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah daftar beberapa buah-buahan yang perlu dicuci atau dibersihkan lebih dulu sampai bersih sebelum dikonsumsi manusia :
- Jambu air
- Jambu klutuk
- Anggur
- Tomat
- Cheri / Ceri
- Apel
- Stroberi / Strawberry
- Belimbing
- Arbei
- Jamblang
- Pepaya
- Mangga
- Kiwi
- Sawo
- Ketimun / Timun
dan masih banyak lagi yang lainnya...

Selain buah-buahan yang harus dicuci bersih lebih dulu sebelum kita makan, ada pula yang bisa langsung dimakan. Pada umumnya buah-buahan yang bisa langsung dimakan adalah buah-buahan yang terlindung kulit luar yang melindungi bagian daging buah dengan baik namun kulitnya tidak dianggap sebagai sesuatu yang normal untuk dimakan. Namun tidak ada salahnya jika buah tersebut dicuci kulit luarnya hingga bersih demi menjaga higienitas kita bersama.

Contoh beberapa buah yang tinggal kita kupas atau buka kulitnya lalu bisa langsung dimakan adalah sebagai berikut ini (selama terlihat bersih dari kotoran dan bahan kimia) :
- Alpukat
- Duku
- Duren / Durian
- Nangka
- Salak
- Kelengkeng / Lengkeng
- Markisa
- Jeruk
- Nanas
- Pisang
- Kecapi
- Semangka
- Melon
- Rambutan
- Leci / Lychee
dan masih banyak lagi yang lainnya...

Semoga tulisan yang singkat ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kita semua. Terima kasih.

artikel bebas: 

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Nama Buah yang Perlu Dicuci Sebelum Dimakan dan yang Bisa Langsung Dikonsumsi"

Posting Komentar