Olahraga yang Bisa Membuat Jantung Rusak / Sakit

Berhati-hatilah dalam berolahraga di dalam kehidupan kita sehari-hari.  Salah memilih olahraga atau salah menjalani suatu olahraga dengan baik dan benar justru dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan seseorang.  Tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan saja, namun juga bisa menyebabkan seseorang menjadi sakit, cacat permanen atau bahkan sampai meninggal dunia.  Olahraga memang bisa mendatangkan banyak kebaikan dan manfaat jika dilakukan dengan baik, namun juga bisa mendatangkan malapetaka jika sampai salah pilih.

Salah satu dampak buruk dari salah berolahraga adalah kerusakan jantung.  Jantung manusia merupakan organ yang sangat vital yang berhubungan erat dengan organ-organ lainnya.  Jantung yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh yang lain.  Kerusakan jantung bisa disebabkan oleh olahraga yang berlebihan.  Terlalu memaksakan kerja jantung dalam berolahraga justru bukannya mendatangkan kebaikan malah bisa mendatangkan penyakit.

Pada umumnya olahraga yang bisa membuat jantung bekerja ekstra keras adalah olahraga permainan yang membutuhkan kerja fisik yang maksimal dalam waktu yang panjang seperti sepak bola, futsal, tenis, bulu tangkis, bola basket, rugby, dan lain sebagainya.  Olahraga lain pun yang bukan sifatnya permainan juga bisa menyebabkan jantung bekerja sangat keras.  Olahraga permainan yang serius sebaiknya tidak dilakukan oleh orang-orang yang jarang berolahraga demi kebaikan dirinya sendiri.

Oleh sebab itu maka hendaknya kita menyadari kemampuan diri kita sendiri.  Jika jarang berolahraga maka hendaknya kita tidak memforsir kerja jantung sampai batasnya.  Jika saat berolahraga jantung sudah mulai berdebar-debar maka berisitirahatlah atau jangan banyak bergerak dahulu sampai detak jantung normal kembali.  Sudah banyak contoh orang biasa maupun olahragawan profesional yang meninggal dunia karena jantungnya tidak kuat saat dipaksa bekerja sangat keras.  Hindari menjadi pribadi yang berlebih-lebihan karena Tuhan kita Allah SWT tidak menyukai orang yang berlebihan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Olahraga yang Bisa Membuat Jantung Rusak / Sakit"

Poskan Komentar