Penyakit yang Disebabkan Oleh Minum Kopi Secara Rutin

Ada banyak orang yang rajin minum kopi setiap hari.  Bahkan ada yang bisa minum kopi hingga bergelas-gelas dalam satu hari.  Rutinitas minum kopi dijalani orang-orang yang doyan minum kopi sebagai sesuatu yang wajar-wajar saja.  Padahal minum kopi secara terus-menerus tidaklah baik untuk kesehatan manusia.  Walaupun orang telah mengerti bahaya mengkonsumsi kopi secara berlebihan namun orang yang telah terlanjur mencintai kopi tidak akan mau berhenti mengopi.

Mengapa orang tidak mau berhenti minum kopi?  Jawabannya adalah karena kopi dapat menyebabkan orang kecanduan kopi.  Orang yang telah mengalami ketergantungan pada kopi akan sulit untuk tidak minum kopi.  Seorang pecandu kopi akan merasakan gangguan kesehatan / penyakit apabila berhenti minum kopi.  Baik secara lahir maupun batin pecandu minum kopi akan tersiksa apabila berhenti minum kopi.

Ciri / Tanda / Gejala Kecanduan Minum Kopi Jika Peminum Kopi Berhenti Minum Kopi :

1. Merasa lelah, letih, lesu, kurang tenaga

2. Jantung terasa berdebar-debar

3. Kepala Terasa Sakit (Sakit Kepala)

4. Sulit Kosentrasi

5. Merasa Kurang Waspada

6. Mudah Mengantuk

Penyebab semua efek negatif atau dampak buruk di atas memang disebabkan oleh kopi.  Orang yang sering minum kopi lebih rentan mengalami kecanduan minum kopi daripada yang minum kopi jarang-jarang.  Di dalam kopi terkandung zat kafein yang merupakan asal-muasal dari kecanduan seseorang terhadap kopi.  Kafein juga bisa terdapat dalam bahan makanan atau bahan minuman alami lainnya.  Kafein juga sering ditambahkan ke dalam produk minuman untuk memberi efek tertentu kepada peminumnya serta membuat manusia yang mengkonsumsinya menjadi kecanduan.  Itulah sebabnya mengapa bisnis perdagangan / jual beli kopi tidak pernah sepi seperti halnya rokok.

Bahayanya lagi adalah orang yang minum kopi biasanya mencampur kopi yang diminumnya dengan gula.  Gula merupakan salah satu bahan makanan yang dituding menjadi penyebab orang menderita penyakit kencing manis / penyakit gula (diabetes mellitus).  Semakin banyak gula yang dicampurkan ke dalam kopi yang akan diminum, serta semakin sering orang minum kopi setiap hari maka akan besar resiko seseorang mengalami sakit gula di kemudian hari.  Oleh sebab itu mulailah berhenti menjadi pecandu kopi, rokok, gula, dan lain sebagainya sejak saat ini juga demi kebaikan anda dan orang-orang yang menyayangi anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Penyakit yang Disebabkan Oleh Minum Kopi Secara Rutin"

Poskan Komentar