Perilaku/Aktivitas/Kegiatan Manusia yang Boros Air Bersih (Membuang-Buang Air)

Air adalah sumber utama kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Tanpa adanya air dalam jumlah yang memadai kemungkinan besar planet bumi kita tidak akan memiliki kehidupan seperti planet lain di tata surya kita. Planet bumi memiliki sumber daya air berlimpah ruah yang terlihat dari jumlah luas laut yang lebih besar daripada luas darat. Walaupun demikian manusia dan kebanyakan makhluk hidup di darat sangat membutuhkan air bersih yang bukan air laut untuk bisa beraktifitas dan mempertahankan hidupnya.

Banyak manusia yang memiliki perilaku yang tidak baik terhadap air bersih yang merupakan anugerah dari Tuhan Sang Maha Pemberi. Padahal air bersih itu jumlahnya terbatas dan butuh waktu dan sebuah proses yang rumit untuk membuat air yang tidak layak minum untuk bisa diminum oleh manusia. Ketika air melimpah, maka kebiasaan buruk tidak mau berhemat air muncul, dan ketika air besih sulit didapat orang pun mulai sadar akan kebiasaan buruknya, namun kebiasaan lama pun kumat lagi ketika air bersih mudah didapat kembali.

Berikut ini adalah beberapa contoh aktifitas/kegiatan manusia yang tidak hemat terhadap air bersih :

1. Mandi dan Buang Air

Banyak orang yang mandi dengan cara yang tidak tepat sehingga menyebankan boros air bersih. Untuk menghemat air sebaiknya memakai cara mandi dengan pancuran air menyebar di atas kepala (shower) agar bisa menghemat air dalam jumlah besar. Jika memakai gayung dikhawatirkan jumlah air yang terbuang lebih banyak daripada air yang mengenai tubuh kita. Gayung berisi air yang berat juga menjadi penyebab banyak orang yang terburu-buru dalam mengguyur air sehingga banyak air bersih yang tidak tepat sasaran dan akhirnya masuk ke dalam got menjadi air kotor yang menjijikkan.

Ketika buang air pun juga sebaiknya jangan terlalu menyiram banyak air bersih ke tempat kotoran kita. Siramlah ketika sudah selesai buang air kecil maupun air besar agar tidak terlalu banyak membuang air bersih. Kecuali saat pup atau buang air besar jika sudah banyak dan mengganggu kenyamanan boleh disiram segera dan melanjutkan kembali aktivitas bab yang sedang berlangsung. Jika memakai gayung siramlah bagian tubuh yang dibersihkan secara perlahan agar tidak banyak air bersih yang terbuang percuma ke lubang kloset.

2. Mencuci

Mencuci adalah kegiatan bersih-bersih yang membutuhkan banyak air bersih. Ada banyak macam atau jenis kegiatan cuci mencuci, seperti cuci pakaian, cuci mobil, cuci motor, cuci piring, cuci lantai, cuci tangan, cuci kaki, cuci muka, dan lain sebagainya. Agar menghemat air bersih kita perlu melakukan evaluasi atas berbagai kegiatan cuci mencuci kita selama ini. Beberapa tips cara untuk menghemat air bersih pada saat mencuci adalah dengan mengecilkan kucuran air saat mencuci piring, mematikan air ketika sedang tidak menggunakan air, mengelap kendaraan daripada memandikan kendaraan, menggunakan deterjen yang sudah ada pelembut dan pewanginya sehingga cukup membilas pakaian sekali saja di mesin cuci, dan lain sebagainya.

3. Hewan Ternak

Ada banyak sekali air bersih yang dibutuhkan oleh peternakan untuk air minum hewan ternak, mandi hewan ternak, mencuci kandang hewan ternak, tempat hidup hewan ternak, dan lain sebagainya. Berbagai hewan ternak yang secara masal diternakkan seperti ayam, sapi, kambing, bebek, ikan dan lain sebagainya secara tidak langsung turut menguras air bersih yang ada di alam bebas. Dengan mengurangi konsumsi makanan hewani dan lebih banyak memakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan akan membantu mengurangi pemborosan air bersih serta membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dengan makan makanan nabati yang banyak dan makan makanan hewani secukupnya.

4. Anti Penyerapan

Kehidupan di kota besar yang sangat padat penduduk menyebabkan air tanah semakin turun alias berkurang ketersediannya. Permukaan tanah di kota besar yang jarang diperuntukkan untuk penyerapan air tanah menyebabkan banyak air bersih yang turun ke bumi melalui air hujan terbuang percuma ke selokan-selokan warga, kemudian meluncur deras ke sungai dan akhirnya terbuang ke danau atau laut lepas sebagai air kotor. Pelitnya pemerintah dan warga dalam menyediakan lahan untuk penyerapan air hujan menyebabkan pemborosan air bersih yang diberikan gratis oleh Tuhan dari langit. Akan sangat wajar jika penduduk kota kesulitan mencari air bersih di dalam tanah karena keberadaan air bersihnya yang sulit akibat sangat sedikitnya pasokan dari penyerapan air oleh tanah.

5. Mengotori Air

Salah satu yang menyebabkan banyaknya air bersih berubah menjadi air kotor adalah akibat ulah manusia itu sendiri yang gemar membuang sampah cair dan sampah padat ke kumpulan air bersih seperti ke sungai, ke danau, ke laut, dan lain sebagainya. Dengan demikian sangat wajar ketika air di sungai, danau dan laut kita banyak yang sudah tidak layak layak lagi digunakan manusia untuk menjunjang hidupnya. Makhluk hidup yang hidup di air sampah manusia pun akhirnya banyak yang tidak layak dikonsumsi karena tubuhnya mengandung logam berat yang sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia.

---

Mungkin kita akan merasa dunia ini tidak adil ketika hanya diri kita saja yang berupaya keras menghemat air, sedangkan orang lain menggunakan air bersih yang ada secara jor-joran alias boros. Namun dengan memulai dari diri sendiri merupakan awal yang baik untuk suatu perubahan ke arah yang lebih baik. Tuhan pun tidak akan menganggap hal baik yang kita lakukan sebagai sesuatu yang sia-sia karena semua kebaikan termasuk yang sangat kecil akan sangat berharga di akhirat nanti. Mari kita hemat dan lebih bijaksana dalam menggunakan air bersih untuk masa depan yang lebih baik.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Perilaku/Aktivitas/Kegiatan Manusia yang Boros Air Bersih (Membuang-Buang Air)"

Posting Komentar